PADANG - Film Liam dan Laila  resmi  tayang di seluruh bioskop dari Medan hingga Jayapura. Di Padang, ribuan penonton membuldak dalam antrian panjang untuk menyaksikan film berlatar budaya Minang tersebut di Cinema XXI Padang.

Banjirnya penonton untuk film Liam dan Laila, tentu disyukuri sutradara film berlatar budaya Minangkabau ini. "Alhamdulillah Gala Premiere Liam dan Laila, Kamis malam (4/10/2018) benar-benar full house, meski sudah dibuka menjadi 6 studio," ujar Arief Malinmudo, sutradara Liam dan Laila seperti diberitakan harianhaluan.com.

Kehadiran penonton yang membludak itu diinformasikan tidak hanya terjadi di Padang, tapi dalam waktu yang bersamaan juga di sejumlah bioskop di Jabodetabek, Medan, Bandung, hingga Jayapura juga mengalami sold out.

"Atas antusiasme yang luar biasa itu, kami hanya bisa bersyukur dan menyampaikan terima kasih. Terima kasih semua dunsanak, terima kasih Ranah Minang tacinto," ujar Arief Malinmudo.

Gala Premiere Liam dan Laila di Cinema XXI Padang tadi malam langsung dihadiri sejumlah pemeran di film Liam dan Laila yang sudah melekat di hati warga, seperti Pras Teguh (sebagai Pian), Nirina Zubir (Laila), Jonatan Cerrada (Liam), David Chalik (Jamil), Gilang Dirga (Haris), Upiak Isil (Rosma), Linda Zoebir (Nizar), Yusril Katil (Ridwan), juga tampak didaulat penonton berfoto bareng Melfi Abra (Kepala KUA), Antoni Samawil (ayah Laila), Yuniarni (ibu Laila dan Ikbal (Kepala BKD Bukittinggi).

Tidak hanya itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan sejumlah pejabat teras dari beberapa daerah di Sumbar yang diundang juga menghadiri Gala Premiere Liam dan Laila di Cinema XXI Padang, juga mengapresiasi film kedua setelah "Surau dan Silek", besutan sutradara muda Minang kelahiran Bukittinggi itu.

Sebelumnya, untuk ibukota Jakarta, gala premiere Liam dan Laila digelar di Epicentrum XXI, Senin (1/10) yang dihadiri sejumlah tokoh Minang seperti Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, Vita Gamawan Fauzi dan perantau Minang lainnya.

Film Liam dan Laila terinspirasi dari kisah nyata. Bercerita tentang pemuda Prancis bernama Liam yang diperankan Jonatan Cerrada dan gadis Minang bernama Laila yang diperankan Nirina Zubir. Film ini merupakan pertaruhan tentang bagaimana menangkap realita di masyarakat dari kacamata budaya Minang. ***