PEKANBARU - Aksi Bela Rakyat yang dilakukan hampir seribuan mahasiswa di Pekanbaru, Riau, Kamis (12/1/2017) berlangsung sengit. Unjuk rasa yang diawali dengan bakar ban bekas di depan Kantor DPRD Riau ini sempat beberapa kali nyaris ricuh.

Pertama, mahasiswa yang berhasil masuk ke dalam kawasan halaman gedung sempat melihat beberapa anggota dewan ke luar alias pulang meninggalkan gedung rakyat tersebut. Ini menyulut amarah pengunjuk rasa.

Sebab, mahasiswa datang untuk menemui para wakil rakyat itu. Dengan spontan sebagian massa berlari ke gerbang dan menutupnya. Namun ternyata, anggota dewan ke luar dari samping. massa pun mengejar.

Upaya ini dihalangi kepolisian, bahkan nyaris terjadi kericuhan. Berikutnya, mahasiswa melanjutkan aksi dengan masuk ke dalam gedung DPRD Riau. Sempat lama berada di dalam, di mana pendemo tertahan di tangga, ketika hendak naik ke lantai dua, ruang Paripurna.

Perjuangan para mahasiswa itu akhirnya membuahkan hasil. Mereka pun diperbolehkan naik dan masuk ke ruang Paripurna di lantai dua. Di sini mahasiswa meminta para angota dewan duduk bersama dengan mereka.

Baca Juga: Video Udara: Aksi Bela Rakyat di Gedung DPRD Riau

Namun sayang, tuntutan itu tidak terpenuhi, karena banyak dewan yang sudah meninggalkan gedung megah itu. Mahasiswa mengancam, bakal bertahan sampai permintaan ini dipenuhi.

Sampai berita ini diturunkan, massa masih menduduki gedung DPRD Riau. Mereka sudah ke luar dari ruang Paripurna lalu bergerak menuju tangga utama luar gedung. ***