RANGSANG BARAT, GORIAU.COM - Potensi pariwisata lewat event ''Lari di Atas Tual Sagu'' mendapat perhatian Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir. Menurut bupati, event unik milik kabupaten termuda di Riau ini akan diusulkan untuk masuk sebagai salah satu kalender pariwisata nasinal.

Demikian disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir saat membuka Lomba Lari di Atas Tual Sagu yang dilaksanakan di Desa Bokor, Rangsang Barat, Minggu (13/1/2013).

''Jika tahun ini dilaksanakan untuk tingkat kabupaten, maka tahun depan diharapkan bisa ditingkatkan menjadi tingkat provinsi, dan tahun berikutnya ditingkatkan menjadi kegiatan nasional. Insya Allah, tahun depan kita akan berikan dukungan lebuh besar untuk menggelar kegiatan serupa hingga menjadi kegiatan provinsi, bahkan kalau bisa sampai ke tingkat nasional,'' jelas Irwan.

Dia mengakui kalau event Lari di Atas Tual Sagu tidak dianggarkan di APBD Kepulauan Meranti 2013, hal ini dilakukan agar jangan ada kesan Pemkab hanya fokus pada kegiatan seremonial. ''Kita akan usahakan mendapat dukungan dari provinsi selain perlunya konsisten masyarakat dalam melaksanakan kegiatan secara swadaya,'' ujarnya.

Pada kesempatan itu, Irwan juga menjelaskan dengan penetapan Desa Bokor menjadi Desa Wisata di Meranti diharapkan berbagai kegiatan yang dilaksnaka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar desa khsusunya dan umumnya di Meranti. (kpt)