DURI - Seekor buaya di Jalan Kayangan, Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, ditinggalkan pemiliknya sejak lama. Buaya yang diperkirakan memiliki panjang 2 meter lebih dengan berat 100 kilogram, terkurung dalam kandang selebar 1 meter dan panjang 4 meter.

Sebuah akun Facebook milik Wasis Wanto keberadaan buaya tersebut di Jual Beli Kota Duri, Sabtu (23/12/2017) pukul 17.05 WIB.

Dalam postingannya seperti yang dikutip GoRiau.com, dituliskan dicari orangtua asuh untuk mengasuh buaya muncung runcing,,panjang kurang lebih 2 meter dan berat kita-kira 100kg,kalau ada kenalan dari penangkaran buaya/suaka marga satwa bisa inbox.Terimakasih.

Wasis Wanto saat dihubungi GoRiau.com mengatakan, bahwa dirinya mendapatkan informasi tersebut dari seorang tukang pangkas rambut di Jalan Kayangan.

"Buaya itu sudah lama ditinggal pemiliknya. Apalagi sudah seminggu tidak dikasih makan," kata Wasis menceritakan seperti yang dikatakan tukang pangkas Rambut Latif di Jalan Kayangan pada dirinya.

Dikatakan Wasis, menurut informasi yang diterima dirinya, lokasi buaya tersebut tidak jauh dari Pangkas Rambut Latif. Karena ketidaktahuan dirinya, ia memberanikan diri memposting informasi tersebut.

"Buaya ini sudah lama tidak makan. Kalau mati kasihan juga. Bagus ada yang bisa mengevakuasi. Apalagi jika ada instansi terkait yang mau menyelamatkan nyawa buaya ini. Kalau sampai keluar kandangnya bahaya juga," ujar Wasis, Minggu (24/12/2017).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV BBKSDA Riau, Muhammad Zanir saat dikonfirmasi GoRiau.com mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan BBKSDA yang berada di Kecamatan Mandau.

"Sebaiknya diserahkan ke BBKSDA Riau secara sukarela. Tapi kita tidak ada kewajiban untuk ganti rugi biaya pemeliharaan," jelas Zanir.

Hingga berita ini diterbitkan kondisi buaya masih hidup dan butuh dievakuasi, agar tidak membahayakan warga sekitar. ***