JAKARTA - Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault melantik Prof. Dr. Suyatno, M.Pd sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) Gerakan Pramuka, dan Septembri Yanti sebagai Wakil Kepala Pusdiklatnas. Pelantikan diadakan di Ruang Bendera Kwarnas Gerakan Pramuka, Gambir, Jakarta pada Jum’at (18/11/2016).

Pada saat bersamaan, Adhyaksa Dault juga melantik 13 Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka (Pergantian Antar Waktu), diantaranya adalah Kak Dina Mariana, penyanyi  dan artis peran yang sangat populer di Indonesia pada era 70-an dan 80-an.

Berikut 13 nama tersebut; 1) Kak Dr Ridjal J Kotta, SH, MH, Annas Urusan Organisasi dan Hukum, 2) Kak Rioberto Sidauruk, SH, MH, Annas Urusan Organisasi dan Hukum, 3) Kak Hendra Henny Andreas, Annas Urusan Hubungan Luar Negeri, 4) Kak Ari Wijanarko Adipratomo, Annas Urusan Hubungan Luar Negeri, 5) Kak Dina Mariana, Annas Urusan Hubungan Luar Negeri.

Selanjutnya, 6) Kak Ir. Jo Kumala Dewi, M.Sc, Annas Urusan LH dan Kesakaan, 7) Kak A. Ngurah Bagus Samudra Aryawan, SE, Annas Urusan LH dan Kesakaan, 8) Kak Mohammad Laiyin Nento, Annas Urusan Bina Anggota Dewasa, 9) Kak Habibie Yukezain, Annas Urusan Kominfo, 10) Kak Yahya Abdul Habib, Annas Urusan Perencanaan, 11) Kak Ridwan, Annas Urusan Perencanaan, 12) Kak Arif Rachman, Annas Urusan Umum, 13) Kak Benny Widjaya, Annas Urusan Umum.

Dalam sambutannya, Adhyaksa Dault mengatakan penataan organisasi di Kwarnas Gerakan Pramuka terus dilakukan, ini merupakan salah dari empat fokus Kwarnas Gerakan Pramuka yaitu; rebranding, penataan organisasi dan sumber daya manusia, pramuka untuk perubahan dan jaringan kerja.

“Dunia cepat berubah, kita harus memprediksi dan mempelajari prediksi ilmuwan tentang apa yang akan terjadi 20 hingga 50 tahun ke depan,” kata  Adhyaksa.

Baca Juga : Tiga Anggota Pramuka ini, Jalan Kaki Sepanjang 174 KM ke Palembang, Lalu Naik Sepeda dari Palembang ke Jakarta

Disampaikannya, di Gerakan Pramuka ini, bertugas mempersiapkan karakter generasi Indonesia yang siap memenangkan persaingan global di tahun-tahun selanjutnya. Akan terus terjadi perubahan.

“Namun yang tidak boleh berubah adalah komitmen kita terhadap pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Gerakan Pramuka,” katanya.

Melihat latar belakang yang baru dilantik, Adhyaksa mengaku yakin akan memberikan kontribusi dan kerja nyata untuk kemajuan Indonesia dan Gerakan Pramuka.

“Selamat mengabdi Prof.Dr. Suyatno dan Kakak-Kakak semua,” ucap Adhyaksa Dault.

Adhyaksa juga berbagai pengalaman dalam memimpin banyak organisasi di tingkat nasional dan selama lima tahun menjadi Menpora. “Dua yang utama dalam sebuah organisasi, integritas dan kualitas SDM, serta aturan organisasi yang jelas” tutupnya.rls

Tiga Anggota Pramuka ini, Jalan Kaki Sepanjang 174 KM ke Palembang, Lalu Naik Sepeda dari Palembang ke Jakarta