BENGKALIS, GORIAU.COM-Pameran buku yang digelar Badan Perpustkaan Umum Arsip dan Dokumentasi (BPUAD) resmi ditutup, Jumat (22/5/2015). Sekaligus pada acara penutupan tersebut diumumkan para pemenang lomba dari berbagai kegiatan baik untuk umum maupun pelajar.

Kepala BPUAD Bengkalis H Khairuddin R Nur melalui Ketua Umum Panitia Pelaksana, Drs H M Anuwar dalam sambutan singkatnya mengatakan, ajang pameran yang hampir sepekan dilaksanakan serta diiringi dengan sejumlah perlombaan memberikan pelajaran yang sangat berharga. Salah satunya adalah untuk lebih memotivasi baik siswa, guru maupun masyarakat agar banyak membaca.

''Dari kegiatan ini kita mendapatkan pembelajaran berharga, ternyata kita masih terasa kurang (pengetahuan,red). Untuk itu, tidak salah kiranya agar kita semua makin meningkatkan minat dan budaya baca,'' katanya.

Kebiasaan membaca menurut Anuwar perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Membaca tidak hanya menambah cakrawala berfikir melainkan juga merubah sikap dan prilaku. "Membaca tidak mengenal usia, kalau sudah terbiasa (membaca buku,red), maka kita akan merasa ada sesuatu yang kurang kalau sehari saja tidak baca buku," kata Anuwar.

Pada saat acara penutupan tersebut, turut diumumkan para pemenang untuk sejumlah perlombaan. Seperti lomba karya tulis untuk mahasiswa/umum, juara I diraih Zulkfili Akbar SPdI. Lomba debat ilmiah tingkat SMA untuk juara I diraih SMAN1 Bantan. Lomba kaligrafi tingkat SD, juara I diraih Imelda Sriwahyuni dari SD Maitreya. Lomba kaligrafi SLTP juara I Doni Hafizan dari MTs Nurulhidayah. Lomba Kaligrafi SLTA juara I Jordan Yapsapeni dari MA Nurulhidayah.

Selanjutnya, lomba cerita dalam bahasa Inggris untuk tingkat SLTP juara I diraih Nurul Fajar dari SMPN 6 Bantan. Lomba cerita dalam bahasa Inggris untuk tingkat SLTA, juara I diraih Ikhlasul Amal dari SMAN I Bengkalis. Untuk lomba lagu daerah, tingkat SLTP juara I diraih Diki Alfian dari MTsN Bengkalis, tingkat SD juara I diraih Lulu F dari SDN 54 Bengkalis. (ail)