JAKARTA - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan berharap, keberadaan Yenny Wahid di maskapai Garuda Indonesia bisa berdampak pada tarif penerbangan yang lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

"Selamat! Selamat! Semoga Garuda makin sehat. Pada saat yang sama, semoga warga juga bisa naik (menumpang, Red) Garuda tidak semahal sekarang," kata Daniel kepada wartawan di Soeson City, Jakarta, Rabu (22/1/2020) malam.

Daniel meyakini, meski publik mengenal Yenny sebagai sosok baru di bisnis penerbangan, putri mendiang Gus Dur itu mampu untuk membawa Garuda Indonesia ke arah yang lebih baik sebagai BUMN Indonesia.

"Yang penting adalah, punya hati untuk membesarkan Garuda," kata Daniel.

Diberitakan sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia pada Rabu (22/1/2020) telah menetapkan Yenny Wahid sebagai Komisaris Independen di maskapai plat merah itu.

Menteri BUMN, Erick Thohir dalam pernyataan tertulisnya menyatakan, Yenny Wahid dipilih karena dinilai sebagai figur perempuan yang sangat mumpuni. Kata Erick, "Bu Yenny merupakan komisaris independen perwakilan publik yang dapat dipercaya,".

Selain Yenny, perombakan di tubuh Garuda Indonesia juga menetapkan, Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama, Chairal Tanjung sebagai Wakil Komisaris Utama, Elisa Lumbantoruan sebagai komisaris independen dan Peter Gontha sebagai Komisaris.***