JAKARTA - Rider Equestrian Equinara Horse Sports, Yanyan Hadiansah sukses merajai kelas bergengsi (CS14.b2) pada Equinara Pulomas Open (EPO) 2019 yang digelar di Jakarta Internasional Equestrian Park (JIEP) Pulo Mas, Jakarta Timur, Minggu (25/11/2019). Kemenangan itu tak lepas dari kerja kerasnya selama mempersiapkan diri sebelum tampil di ajang tersebut.

Pada lomba itu, Yanyan dengan menunggangi kuda dengan nama Bodius menjadi yang terbaik dengan mencatat total waktu 101,42 (Round I-63, 84 dan Round II-37,58) tanpa penalti. Posisi kedua direbut Steven Menayang dari klub NOC Elang45 yang menunggangi kuda bernama Casca dengan total waktu 107,34 (Round I-67,86 dan Round II-39,48). Dan, Ferry Wahyu Hadiyanto (Equinara Horse Sports-Granadine) berada di posisi ketiga dengan total waktu 100,96 (Round I-62,68 dan Round II-38,28) dengan 4 penalti.

Ditemui usai lomba, Yayan mengatakan, kemenangan yang diraihnya itu tak lepas dari kerja kerasnya selama menjalani latihan dan try out berbulan-bulan sebelum tampil di Equinara Pulo Mas Open yang pertama kali digelar.

Dia juga mengaku tidak mudah untuk mendapatkan kemenangan ini. Selain mengatasi trek yang berbeda dengan kesulitan cukup tinggi, dia juga harus mengalahkan saingan, yang sekaligus rekan setimnya di Equinara Horse Sports seperti Ferry Sutoyo.

"Alhamdulilah, saya turun di kelas utama, 130cm winning round. Saya mendapatkan penalti paling sedikit. Persaingan cukup sengit karena harus menghadapi rider berpengalaman, sepeti Ferry, Erwin (M. Yoga), Reshwara (Radinal) Stevan (Menayang). Tingkat kesulitan trek cukup tinggi. Makanya, saya harus berpikir cepat untuk mengambil jalur aman. Beruntung, kudanya sangat on fire selama dua round," kata Yanyan.

Meski menjadi juara di lomba kali ini, Yanyan mengaku terkejut dengan terjatuhnya Ferry di pertandingan tersebut. Sebab, dia sebenarnya sangat diunggulkan untuk meraih kemenangan. Namun, kuda yang ditunggangi tak bisa diajak bekerja sama. Hasilnya, dia terjatuh dan mengalami cedera di bahu kanannya. Namun, Yanyan berharap cedera rekannya itu tak mengalami masalah serius.

"Mungkin karena kudanya belum berpengalaman, dan masuk terlalu dalam. Jadi sulit di kendalikam. Dia menggunakan kuda itu karena ingin dinaikin kelasnya. Tapi kami bekerja keras bersama untuk bisa merebut kemenangan di ajang ini," ucap Yanyan.

Yayan bersama rekan-rekannya

Meski belum bisa berbicara, dua rider junior Equinara Horse Sports, Marco Wowiling dan Dirga Wira Ramadan Sahputra mengaku senang mendapat kesempatan bersaing dengan para rider senior. "Saya senang bisa berkompetisi dengan para rider senior. Di event ini, kita bisa banyak memetik pengalaman ketika berlatih bersama dengan rider senior maupun saat berkompetisi," kata Marco.

"Ya, kita bisa banyak belajar dari senior untuk menjadi rider yang baik. Dan, saya juga senang bisa berlomba bersama senior," timpal Dirwa Wira Ramadhan Saputra.

Equinara Pulomas Open I yang digelar 22-24 November 2019 yang ddiikuti 400 peserta dari 25 klub ini merupakan ajang silaturahmi antar klub Equestrian di seluruh Indonesia. Event ini mempertandingkan dua disiplin Equestrian yakni Dressage atau Tunggang Serasi dan Show Jumping (lompat rintangan) dengan berbagai kelas. Mulai dari junior dengan rata-rata usia 10 tahun hingga kelas senior dimana diikuti beberapa atlet nasional seperti Ferry Wahyu, Yanyan Hadiansyah, Alvaro Menayang dan lain-lain. 

Hasil Lengkap Equinara Pulomas Open 2019 :

Class Cs-14b.2

1. Yanyan Hadiansyah (Equinara Horse Sports-Bodius) 101,42 2. Steven Menayang (NOC Elang45-Casca) 107,343, Ferry Wahyu Hadiyanto (Equinara Horse Sports-Granadine) 100,96 (4)

Class CS-14B,1 (Show Jumping 130 Cm)

1. Andry Sutoyo (Equinara Horse Sports-Zandor) 69,742. M Akbar Kurniawan (Kurnia Stable - SMA Al Azhar Kelapa Gading -Prince Zizou) 62.813. Ferry Wahyu Hadiyanto (Equinara Horse Sports-Faye) 61,22 (12 Jump Pen)

Class : CS23 (Special Jump 100-110 Cm Junior):

1. Jovanka Nadya Partokusuma (JN Sports Horse- JN Lady In Black) 76,04 2. Aurlela Kamsha ( Djugo Arthayasa-Gennie) 85,07 (2 Time Pen)3. Rusydi Alkhalifah (JN Sports Horse-Joker) 75,96 (4 Jump Pen). ***