PEKANBARU - TNI dan Polisi di Siak Hulu, Kabupaten Kampar Provinsi Riau langsung menanggapi pasca ramainya komentar Netizen terhadap sebuah foto seorang WNA (Warga Negara Asing) asal Cina yang mengenakan seragam mirip militer ke pasar.

Penyelidikan lalu dilakukan aparat penegak hukum untuk mencari keberadaan si WNA. Ternyata ia seorang karyawan di PT Riau Perkasa Steel (PT RPS), yang beralamat di Desa Baru Kecamatan Siak Hulu. Berlanjut, polisi berkoordinasi dengan TNI setempat.

Kapolsek Siak Hulu Kompol Vera Taurensa dan Danramil 06 Kapten Hadi Prayetno lalu mendatangi tempat WNA itu bekerja, Sabtu (23/12/2017) sore. Keterangan Humas PT RPS, bahwa yang mengenakan pakaian menyerupai seragam TNI itu memang karyawan perusahaan.

Identitasnya diketahui bernama Tan Jiawu, itu berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan RI (IMTA). Ia berkewarganeragaan RRC dan bekerja sebagai Mechanical engineer di perusahaan tersebut. Pertanyaannya, kenapa Tan mengenakan pakaian mirip militer?

Menurut keterangannya, Ia mengakui memakai baju tersebut pada Minggu (17/12/2017) saat pergi berbelanja sembako untuk keperluan sehari-hari di Pasar Ulul Albab Jalan Pasir Putih. Tan membeli baju tersebut sewaktu dia masih berada di Cina.

Baju tersebut dibelinya melalui internet seharga $60 atau sekitar Rp120 ribu, dan tidak mengetahui bahwa baju tersebut menyerupai seragam TNI yang dilarang dipakai oleh warga sipil. Bahkan ia mengaku kalau baju tersebut juga digunakan olehnya sehari-hari di lokasi kerja.

Menyikapi hal tersebut, Dandramil 06 Siak Hulu meminta kepada Humas perusahaan untuk melarang karyawannya mengunakan pakaian menyerupai seragam TNI, baik di lingkungan perusahaan maupun saat keluar.

Sementara itu Kapolsek Siak Hulu menyampaikan kepada Humas, agar pakaian yang menyerupai seragam TNI tidak dipakai lagi oleh karyawannya, untuk menghindari salah penafsiran dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pihak perusahaan pun meminta maaf atas kejadian ini, dan berjanji akan mengawasi semua pekerja yang ada di PT RPS, supaya tidak terjadi kesalahan serupa dikemudian hari.

Diketahui, aksi WNA mengenakan seragam mirip militer itu jadi pembicaraan setelah diposting salah satu akun di Facebook. Postingan ini kemudian disampaikan melalui akun Facebook Kapolsek Siak Hulu pada Sabtu (23/12/2017) siang, yang langsung ditanggapi polisi. ***