PEKANBARU, GORIAU.COM - Selasa (29/9/2015), sekitar pukul 12.00 WIB, puluhan warga masih antre untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di Posko Peduli Asap Sinar Mas di Desa Kuala Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau. Namun mereka terpaksa bersabar dulu, karena petugas medis yang akan melayaninya perlu istirahat sebentar, sekalian menunaikan salat Zuhur dan makan siang.


Menurut salah seorang petugas pada bagian pendaftaran pasien di posko tersebut, sejak pagi hingga menjelang pukul 12.00 WIB sudah lebih 200 warga yang mendapatkan pelayanan kesehatan. Sementara sehari sebelumnya, Senin, jumlah warga yang datang berobat lebih 300 orang. "Menjelang sore nanti, mungkin bisa mencapai 400 orang lebih warga yang berobat hari ini. Besok mungkin lebih banyak lagi, karena sebagian warga belum tahu ada pengobatan gratis dari perusahaan Sinar Mas di sini," kata perempuan berjilbab tersebut.


Salah seorang dokter yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan di Posko Peduli Asap Sinar Mas, dr Riris, mengatakan, diantara warga yang datang berobat, umumnya menderita batuk dan pilek. "Jenis penyakitnya beragam, tapi sebagian besar menderita batuk dan pilek, terutama anak-anak. Sedangkan yang berusia lanjut, sebagian mengeluhkan gangguan pernapasan," terang dokter yang bekerja di RS Eka Hospital Pekanbaru itu.


Warga Desa Kuala Nenas, Gunawan, mengatakan, sangat berterima kasih atas kehadiran Posko Peduli Asap Sinar Mas yang memberikan pengobatan gratis. "Kami sangat berterima kasih kepada perusahaan Sinar Mas yang telah membuka posko pengobatan gratis di desa kami," ujarnya.


Gunawan mengaku, warga sangat terbantu dengan adanya pengobatan gratis tersebut. "Dengan kondisi banyaknya warga yang sakit akibat kabut asap, pengobatan gratis ini sangat membantu. Kalau bisa pengobatan gratis ini terus diadakan selama kabut asap masih berlangsung," harap Gunawan.


Selain pengobatan gratis, pihak Sinar Mas juga membagi-bagikan masker gratis kepada warga yang datang ke Posko Peduli Asap Sinar Mas.


Bukan Pencitraan


Public Relations Manager Sinar Mas Group Nurul Huda, MHum MIKom, mengatakan, kegiatan pengobatan gratis ini murni bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana kabut asap di Provinsi Riau.


"Ini bukan pencitraan atau ingin mendapat pujian. Ini merupakan kegiatan sosial, murni bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat," tegas Nurul.


Dalam aksi kepedulian ini, lanjut Nurul, pihak Sinar Mas bekerja sama dengan Tim Satgas Karlahut. "Kita menyediakan obat-obatan. Kita juga menyedikan dokter dan perawat. Mereka bertugas dari pagi hingga sore. Selain di Kualu Nenas ini, kami juga menempatkan tim medis di posko kesehatan di Bandar Serai," jelasnya.


Aksi peduli ini, sambung Nurul, juga dilakukan Sinar Mas Group di Pelalawan, Siak dan Pekanbaru. ''Di Pekanbaru, kita sudah buka posko pengobatan gratis di Kantor Camat Tampan, selama lima hari. Dalam lima hari itu ada sekitar 5.000 warga yang datang berobat,'' ungkapnya.***