DUMAI - Seekor buaya muara berukuran sekitar empat meter dievakuasi warga dan petugas di Sungai Dumai Jalan Pomroi KM 3 Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai, Selasa (28/4/2020). Warga setempat menangkap buaya ini dengan cara dijerat dan dipancing menggunakan alat pancing tali seling besi dan umpan seekor ayam.

''Kami memang sengaja mau menangkap buaya ini karena khawatir bisa mengancam keselamatan warga karena sungai itu dekat dengan pemukiman," kata seorang warga.

Warga lain merasa lega buaya sudah ditangkap karena memang cukup dikhawatirkan karena selalu muncul di sungai yang berada tidak jauh dari pemukiman masyarakat bahkan juga banyak masyarakat memancing di sungai tersebut.

"Infonya masih ada beberapa ekor lagi, tapi ini yang paling besar, kami tidak ingin ada kejadian warga yang jadi mangsa buaya, Alhamdulillah sudah ditangkap," sebut warga itu.

Sementara, Camat Dumai Selatan Yudha Pratama Putra mengakui dalam beberapa pekan terakhir warga resah akan keberadaan buaya berukuran besar itu.

"Buaya itu sudah diikat dan diamankan oleh balai konservasi sumber daya alam, proses evakuasi langsung kita saksikan bersama pihak polisi," kata Yudha.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Dumai BKKSDA Riau Muhammad Zanir mengatakan buaya sudah dievakuasi ke kantor KSDA Dumai, kemudian akan dilepas kembali di habitat awal di jalur Sungai Dumai.

Dia menyayangkan warga dengan sengaja menangkap buaya itu karena memang di sana habitat reptil raksasa itu, dan sudah hidup dalam waktu cukup lama di Sungai Dumai yang masuk dalam kawasan konservasi hutan lindung.

"Seharusnya warga tidak menangkap karena di sana habitat buaya ini, dan kita sudah sampaikan bahwa sungai Dumai ini areal terlarang untuk memancing dan kegiatan lainnya," kata Zanir. ***