PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menargetkan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak di tahun 2019 ini hingga Rp804 milyar. Oleh karenanya, Walikota Pekanbaru Firdaus mengajak agar tokoh - tokoh masyarakat dapat menjadi contoh sebagai masyarakat bijak yang taat pajak.

"Pekan panutan pajak ini, kita berharap para tokoh masyarakat baik dijajaran pemerintah, cendekia, akademisi, guru, ulama dan semua tokoh masyarakat bisa menjadi contoh 'masyarakat bijak taat pajak'. Khususnya pajak PBB dan diikuti pajak lainnya," ujarnya.

Hal itu diungkapkan Firdaus usai agenda Pekan panutan pajak daerah sekaligus penyerahan SPPT-PBB tahun 2019 dan pemberian penghargaan kepada wajib pajak teladan, di Hotel Novotel, Senin, (11/2/2019). Menurutnya, dengan membayar pajak secara tertib, masyarakat turut mendukung pencapaian target Pemko untuk pembangunan Kota Pekanbaru.

Firdaus menjelaskan, tahun 2018 pencapaian pajak mencapai Rp501 milyar, jumlah terbesar yang tercapai Pekanbaru dari tahun - tahun sebelumnya, namun hanya naik 2,96 persen dari tahun 2017. Meskipun demikian, dituturkannya bahwa Kota Pekanbaru memiliki potensi cukup besar untuk PBB dan pajak lainnya, apabila masyarakat tertib pajak.

"Dengan potensi pajak kita yang besar seperti PBB dan pajak - pajak lainnya, apabila semua masyarakat bijak bayar pajak, kita yakin Rp1 triliun bisa kita capai," ungkapnya. ***