DUMAI, GORIAU.COM - Ikatan Persaudaraan Keluarga Tionghoa Bengkalis (IPKTB) Kota Dumai periode 2014-2019 resmi dikukuhkan. IPKTB ini dikukuhkan oleh Walikota Dumai, Khairul Anwar, Sabtu (10/5/2014) malam di gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh Kecamatan Dumai Timur, Dumai.


Pelaksanaan pengukuhan turut disaksikan oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai, sejumlah LSM, Ormas dan OKP yang ada di Dumai, beberapa perwakilan Ketua suku yang tergabung dalam LKKMD, Kapolres Dumai serta perwakilan dari DPRD Dumai.


Usai melantik pengurus IPKTB, Walikota Dumai Khairul Anwar dalam sambutannya mengharapkan agar Ikatan Persaudaraan Keluarga Tionghoa Bengkalis dapat memberikan kontribusi yang positif untuk pembangunan Kota Dumai.


''Ikatan keluarga atau ikatan persaudaraan ini agar dapat memberikan kontribusi positif baik di lingkungan masyarakat maupun pada pemerintahan, khususnya dalam mendukung program - program yang dilakukan oleh Pemko Dumai,'' harap Walikota.

Ads

Walikota mengatakan, Pemerintah Kota Dumai menyambut baik serta gembira berada di tengah-tengah warga Tionghoa Bengkalis Kota Dumai, khusunya dalam acara Pengukuhan IPKTB Kota Dumai. Dimana, masyarakat Tionghoa telah lama tinggal di Kota Dumai dan juga telah lama bersebati dengan warga lokal dan suku-suku lain yang ada di Kota Dumai.


Lanjut Walikota, kegiatan tersebut adalah lazim dilakukan oleh setiap organisasi persaudaraan yang ada di Kota Dumai yang terhimpun kedalam LKKMD Kota dumai, sehingga dapat memberi warna keragaman organisasi kesukuan yang nantinya meningkatkan kemajuan Kota Dumai kedepan.


''Sebagamana kita semua tahu, bahwasanya orang Tionghoa baik agamanya, hari besar keagamaan serta seni budaya sudah diakui undang-undang di Indonesia. Artinya, orang Tionghoa yang berada di wilayah Negara Indonesia adalah warga Negara Indonesia,'' katanya.


Terakhir, atas nama Pemerintah Kota Dumai, Walikota Dumai mengucapkan Selamat atas pengukuhan Ikatan Persaudaraan Keluarga Tionghoa Bengkalis Kota Dumai dengan harapan organisasi persaudaran Tionghoa Bengkalis Kota Dumai dapat menjalin hubungan silaturahmi dengan organisasi kesukuan yang ada di Kota Dumai dan dapat meningkatkan pembangunan serta menjaga ketertiban, keamanan, kehamonisan di Kota Dumai yang di cintai ini.


Sementara itu, Ketua Umum IPKTB Kota Dumai Hansen mengatakan, dibentuknya organisasi ini agar dapat merangkul berbagai elemen lainnya untuk persoalan sosial dan masalah lainnya yang ada di Dumai.


Karena menurutnya, persoalan ini bukan hanya tanggungjawab dari Pemerintah Kota Dumai, tapi tanggungjawab semua pihak.


''Kita akan jalin hubungan dengan yang lainnya untuk bekerjasama. Ibaratnya berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Kami juga mohon arahan dari pak Walikota kepada kami dan juga LAMR Dumai sebagai payung negeri,'' harapnya.  (dcp)