SURABAYA – Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Chandra Bhakti mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Senior memperebutkan Piala Presiden 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unes) Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (17/9/2022) malam.

Kejuaraan yang berlangsung dari 18 hingga 21 September 2022 ini diikuti 450 atlet dari 20 Provinsi mempertandingkan nomor Taolu, Sanda dan Kungfu. Selain Piala Presiden, Kejuaraan ini juga memperebutkan Piala Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto dan Piala Menpora.

Dalam sambutannya, Chandra Bhakti menyampaikan permohonan maaf dari Menpora Amali yang tidak bisa hadir pada acara pembukaan Kejurnas Wushu karena kesibukan menjalankan menjalankan tugas.

Menurut Chandra Bhakti, wushu merupakan salah satu olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang sudah ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 tahun 2021.

Penetapan wushu tersebut, jelasnya, melalui kajian dari akademisi, pakar dan praktisi olahraga dengan melihat perkembangan prestasi wushu Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2021.

"Kita mengetahui banyak atlet wushu Indonesia telah mencatat prestasi di kejuaraan dunia di antaranya yang dikenal Lindswell Kwok dan Edgar Xavier Marvelo. Melalui Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 ini diharapkan muncul pengganti Lindswell dan Edgar yang mampu berprestasi dunia dan juga di Olimpiade jika ke depan cabang olahraga wushu dipertandingkan," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dalam pidato virtualnya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Pengprov WI Jawa Timur, Soedomo Mergonoto yang telah bersedia menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Wushu Senior Piala Presiden dan Sirkuit Nasional Wushu Taolo dan Sanda Junior Tahun 2022. Begitu juga dengan founder Harian Disway, Dahlan Iskan yang telah memberikan dukungan.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian ini mengharapkan Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 yang sempat terhenti sejak tahun 2020 akibat pandemi Covid-19 bisa berjalan sukses. Dia juga menyebutkan event ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Indonesia sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang akan digelar di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, 2-11 Desember 2022 mendatang.

Dari hasil kejuaraan nasional wushu senior Piala Presiden 2022 dan Sirkuit Nasional Wushu Taolu dan Sanda Junior 2022, kata Airlangga Hartarto, akan ditetapkan atlet-atlet terbaik yang akan diturunkan pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 dan menetapkan atlet yang akan mengikuti program pelatnas jangka panjang untuk dipersiapkan untuk single event internasional, Asian Games 2026 dan 2030 . "Semoga pada tahun 2032, cabang olahraga wushu telah dipertandingkan di event bergengsi Olimpiade." katanya.

Lebih jauh, Airlangga Hartarto menjelaskan pada pelaksanaan Kejurnas Wushu kali ini berbeda dengan sebelumnya dimana nomor Wing Chun dipertandingkan karena telah resmi menjadi salah satu nomor dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. ***