SURABAYA – Pertunjukan teatrikal kolosal Gelora Nusantara yang mengkombinasikan gerakan wushu dan tarian wayang mengundang decak kagum para peserta dan penonton yang hadir di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unes) Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (17/9/2022) malam.

"Saya kagum dengan pertunjukan teatrikal kolosal yang ditampilkan pada pembukaan Kejurnas Wushu memperebutkan Piala Presiden 2022. Perpaduan kebudayaan nusantara lewat tarian wayang dengan kebudayaan China melalui gerakan wushu itu benar-benar apik," kata Anggota Exco Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Indra Gamulya yang hadir mewakili Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

Ternyata di balik pertunjukan teatrikal ini ada sentuhan founder Harian Disway, Dahlan Iskan yang ikut memberikan dukungan terhadap Pengprov WI Jawa Timur sebagai tuan rumah pelaksanaan Kejurnas Wushu memperebutlan Piala Presiden 2022. Namun, mantan Menteri BUMN ini mengaku keterlibatannya hanya ingin menyemarakkan olahraga Indonesia.

"Saya hanya ingin menyemarakkan kegiatan olahraga Indonesia saja. Kan, saya sudah terlibat di sepakbola dan juga basket. Sekarang giliran wushu jadi tidak tabrakan," kata Dahlan Iskan yang hanya mengucapkan selamat datang kepada atlet dalam pidato pembukaannya. ***