JAYAPURA -Wakil Presiden Ma’ruf Amin secara resmi akan menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Kepastian itu disampaikan Menpora Zainudin Amali kepada wartawan di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Kamis (14/10/2021) “Yang akan menutup PON XX Papua Bapak Wakil Presiden. Rencananya besok siang beliau tiba, dari sebelumnya melakukan kunjungan kerja dibeberapa tempat,” kata Menpora Amali.

Menpora Amali menjelaskan, saat ini panitia tengah melakukan persiapan untuk menggelar acara penutupan PON. Diharap, kegiatan nantinya berjalan dengan lancar dan aman.

“Persiapan sudah ya, dan sekarang lagi gladi. Mudah-mudahan lancar saat seperti pembukaan,” jelas Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali menerangkan PON Papua sejauh ini berjalan dengan kondusif. Pemerintah mengharapkan kesuksesan sebagai penyelenggara, prestasi, ekonomi, dan protokol kesehatan bisa dipenuhi.

“Ada beberapa kesuksesan, saya kira dari penyelenggaraannya lancar dan aman sesuai rencana serta tidak ada gangguan. Sukses prestasi, banyak rekor yang terpecahkan. Kemudian, sukses ekonomi. Kita lihat ekonomi disini menggeliat dan pertumbuhannya bagus. Prokes juga demikian,” jelas Menpora Amali.

Kemudian, Menpora Amali juga memuji Provinsi Papua mampu menggelar PON XX. Sebab, sebelumnya muncul keraguan serta kekhawatiran jika PON digelar ditengah pandemi Covid-19.

“Papua sudah membuktikan sampai hari ini lancar. Semoga penutupannya juga besok lancar. Ini benar-benar menjadi contoh dan pelajaran bagi kita melaksanakan event olahraga ditengah pandemi,” pungkas Menpora Amali. ***