PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Forum Suara Rakyat Pelalawan Selatan (FSRPS) telah terbentuk, yang akan digunakan sebagai sarana untuk menyuarakan wacana pemekaran. Enam kecamatan rencananya akan dimekarkan menjadi Kabupaten Pelalawan Selatan.


"FSRPS merupakan wadah untuk menghimpun segala pokok pikiran, ide atau gagasan untuk menggulirkan pemekaran Kabupaten Pelalawan Selatan," terang Ketua FSRPS, M Yunus Syam, Selasa (5/5/2015).


Disebutkan Yunus, enam kecamatan yang akan dijadikan Kabupaten Pelalawan Selatan yakni, Kecamatan Bandar Petalangan, Pangkalan Kuras, Bunut, Pangkalan Lesung, Ukui dan Kecamatan Kerumutan.


"Ada beberapa agenda penting yang akan digagas oleh forum ini, diantaranya wacana pemekaran Kabupaten Pelalawan Selatan," ungkapnya.

Ads

Menurut Yunus, wacana pemekaran tersebut sebenarnya telah cukup lama beredar, namun masih terhambat akibat adanya moratorium.


Proses pemekaran Kabupaten ini, kata Yunus, merupakan harga mati hingga terealisasi. Bahkan, dalam waktu dekat akan segera digelar musyawarah besar (Mubes).


"Tentunya juga akan dilakukan kajian akademis oleh Perguruan Tinggi di Provinsi Riau terhadap kawasan Petalangan yang akan menjadi Kabupaten baru ini," tandasnya.(***)