PEKANBARU - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim menghadiri acara pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Farid Firman SE M.Si, menggantikan Pejabat yang lama Ichsan Fuady, pada kesempatan itu Wakil Bupati juga berkesempatan menerima Sertifkat Kapability Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3 dari BPKP, bertempat di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Jumat (21/2/2020).

Hadir dalam acara itu Deputy BPKP Pusat Dadang Kurnia Ak M.BA, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya, Bupati se-Riau, Forkopimda dan lainnya. Turut hadir bersama Wakil Bupati Meranti, Kepala Badan Inspektorat Meranti Drs. Suhendri M.Si.

Pengukuhan Kepala BPKP Provinsi Riau dilakukan langsung oleh Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya mewakil Gubernur Riau, yang ditandai dengan pengucapan sumpah dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pisah sambut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau dari Pejabat lama Ichsan Fuady kepada Pejabat yang baru Farid Firman SE M.Si, yang ditandai dengan penyerahan memory jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru.

Dengan dikukuhkannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Farid Firman, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim mengucapkan selamat menjalankan tugas dan kepada Pejabat lama Ichsan Fuady diucapkan selamat bertugas ditempat yang baru dan semakin sukses.

Dalam pidatonya, Sekretaris Utama BPKP Pusat Dadang Kurnia, mengatakan pihaknya akan terus mendorong Peningkatan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Pemerintahan Daerah di wilayah Provinsi Riau.

Karena seperti diketahui, peran APIP sebagai mata dan telinga Kepala Daerah sangat strategis dalam mengawal roda pemerintah, baik pusat maupun daerah. APIP mampu menilai efektifitas dan efisiensi suatu kegiatan. Tidak hanya itu, APIP juga dinilai mampu memberikan konsultasi pada tatakelola manajemen risiko dan pegendalian intern. Selain itu APIP juga mampu memberikan early warning system ketika ada masalah di Pemda.

Sekedar informasi dalam kegiatan pengukuhan Pejabat Perwakilan BPKP Provinsi Riau tersebut, juga dilakukan penyerahan Sertifikat Penilaian Maturity Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 Pemerintah Daerah kepada Pemprov Riau, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuansing.

Serta penyerahan Sertifikat Kapability Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3 kepada Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Meranti.

Sertifikat Kapability Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Level 3 yang diterima Meranti merupakan sebuah capaian yang cukup membanggakan bagi sebuah Kabupaten baru. Sebab dari 12 Kabupaten Kota di Riau hanya 3 Kabupaten yang mendapat kesempatan ini.

Artinya Pemkab Meranti  dalam Kapabilitas APIP telah memiliki karakteristik Kebijakan, Proses, dan Prosedur APIP telah ditetapkan, Didokumentasikan dan Terintegrasi satu sama lain serta merupakan infrastruktur Organisasi.

Penyerahan APIP Level 3 untuk Kabupaten Meranti langsung diserahkan oleh Sekretaris Utama BPKP Pusat Dadang Kurnia didampingi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau kepada Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim.

Wabup Meranti mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan oleh BPKP Perwakilan Provinsi Riau terutama dalam mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik dan mencegah terjadinya KKN. Dan ia berharap BPKP dapat terus membimbing Pemkab. Meranti dalam mengelola keuangan yang baik dan benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (rls)