BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong diwakili Wakil Bupati H Sulaiman SS MH, Rabu (25/5/2022) membuka pendidikan dan pelatihan operator material handling pada kegiatan koordinasi, sinkronisasi dan pelaksanaan pembangunan sumber daya manusia di Bagansiapiapi.

Diklat berbasis kompetensi skema 3 in 1 ini merupakan angkatan II dan merupakan program pembangunan sumber daya manusia melalui kerjasama Pemerintah Kabupaten Rohil dengan Balai Diklat Industri (BDI) Kota Medan. 

GoRiau

H Sulaiman menyebutkan pelatihan berbasis kompetensi angkatan II merupakan kesempatan baik untuk peserta yang mengikutinya.

''Kita berharap dengan mengikuti Diklat ini menambah pengetahuan dan wawasan dan hendaknya berlanjut dan berkelanjutan," harap Wakil Bupati Rohil ini.

Peserta Diklat diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, pendalaman pengetahuan untuk tenaga kerja lokal karena itu, seluruh peserta harus aktif dan penuh semangat mengikuti diklat tersebut.

''Bekal ilmu, ada sertifikat yang diberikan usai mengikuti Diklat, kita berharap tenaga kerja lokal Rohil memiliki skil dan berkompeten ditempatkan di perusahaan,'' debutnya.

''Saya optimis tenaga kerja kita siap ditempatkan di perusahaan lokal sesuai kompetensi masing-masing, namun terkendala persyaratan, karena belum memiliki sertifikat," aku Sulaiman di hadapan seluruh peserta Diklat.

Diklat berbasis Kompetensikdengan skema 3 in 1 sangat bermanfaat bagi kesejahtersan tenaga kerja lokal yang ada di Kabupaten Rohil. Wabup menekankan agar perusahaan yang ada di Rohil dapat memprioritas kesempatan untuk tenaga kerja lokal Rohil.

''Ada 36 perusahaan di Kabupaten Rohil, kami berpesan kiranya perusahaan itu memprioritaskan pekerja lokal Rohil berdasarkan kompetensi,'' pinta Wabup Rohil dengan tegas.

Pembukaan Diklat dihadiri Kepala Disperindagsar Rohil Mursal SH, Instruktur Balai Diklat Industri Medan Dewi Pasaribu, Perwakilan PT Sindora Seraya Romi Firdaus, Perwakilan PT Salim Ivomas Pratama Martono dan undangan lainnya. ***