JAKARTA -- Virus corona varian Delta menular sangat mudah dan cepat. Bahkan, bisa menyebar melalui udara dan bisa tertular meski hanya berpapasan dengan orang yang sudah terinfeksi.

''Benar, varian Delta mampu menyebar dari satu orang ke orang lain lewat udara meski hanya berpapasan,'' kata Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prof Zubairi Djoerban, pada talkshow Instagram Live Okezone Stories, Kamis (24/6/2021).

Zubairi melanjutkan, rapat di ruangan tertutup sangat berisiko tertular virus corona. ''Ketika rapat memang jauh-jauhan, tapi sebelum dan sesudahnya papasan. Ini berisiko sekali, terlebih jika masker yang digunakan tidak berkualitas,'' ujarnya.

Selain ruang rapat, kata Prof Zubairi, ruangan lain yang meningkatkan risiko paparan virus corona varian Delta adalah acara pesta pernikahan, tempat ibadah, maupun tempat lain yang tertutup dan ventilasinya buruk.

Beri, panggilan akrab Zubairi, menyarankan, di masa pandemi yang tengah melonjak seperti sekarang, ada baiknya restoran tidak menerima pengunjung makan di tempat alias hanya melayani pesanan 'take away'.

''Lalu, tempat wisata juga saya mengimbau agar ditutup sementara waktu sampai kondisi ini membaik kembali,'' tambahnya.

''Penularan bisa melonjak tinggi jika keramaian tidak dibatasi dengan ketat,'' sambungnya.***