SELATPANJANG - Tim gabungan yang terdiri dari pemkab bersama pihak TNI-Polri dan instansi terkait lainnya melakukan peninjauan dalam rangka untuk memastikan bahwa tempat pemungutan suara (TPS) di kabupaten Kepulauan Meranti telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat pencoblosan.

Kepastian itu pun dilakukan dengan berkeliling dan patroli ke sejumlah TPS di kota Selatpanjang, Kecamatan Tebingtinggi, Rabu (9/12/2020) siang.

Patroli tersebut dipimpin oleh orang nomor satu di jajaran Korps Tribrata di kabupaten berjuluk Tanah Jantan, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Harjito SIk.

Tampak hadir dalam peninjauan itu, Direktur Polair Polda Riau, Kombes Pol Badaruddin, Wakil Direktur Pengamanan Objek Vital Kepolisian Daerah Riau, AKBP Pria Budi, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol, Danramil 02/Tebingtinggi, Mayor Arm Bismi Tambunan SE, Kepala Satuan Pol PP Kepulauan Meranti, Helfandi, Kepala Dinas Kesehatan, dr Misri Hasanto MKes, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Abu Hamid, dan Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal.

Adapun TPS yang dikunjungi adalah TPS 01, TPS 014 dan TPS 008 Kelurahan Selatpanjang Kota serta TPS 012 Kelurahan Selatpanjang Timur.

Kapolres Kepulauan Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpianto Harjito SIk mengatakan pihaknya bersama instansi terkait sudah melihat protokol Kesehatan di setiap TPS sudah dilaksanakan dengan baik dan ketat saat proses pencoblosan.

Menurutnya, kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama, sehingga dalam proses pencoblosan harus betul-betul sesuai dengan prosedur kesehatan yang ada.

"Dari beberapa TPS yang kita pantau tadi, semuanya sudah representatif dan menerapkan protokol Kesehatan dengan baik dan ada pemilih yang berdekatan juga kita minta untuk jaga jarak. Kita tidak ingin nanti setelah pilkada muncul klaster baru Covid-19," ujarnya.

Kapolres juga mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang mendatangi orang sakit dan memastikan hak pilihnya tidak hilang.

"Kami juga melihat ada pelayanan prima yang diberikan petugas KPPS bagi orang yang sakit dengan mendatangi rumah yang bersangkutan hal ini sangat bagus karena bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih," kata AKBP Eko.

Dari segi keamanan, dikatakan Kapolres saat ini situasi masih aman dan kondusif dan dipastikan tidak ada gangguan Kamtibmas.

"Sebanyak 130 personel Polres Kepulauan Meranti dan 80 personel BKO Polda Riau sudah digeser untuk membantu pengamanan sebanyak 450 TPS di seluruh wilayah Kepulauan Meranti. Dari pantauan kami bersama Sekda, Koramil, Pol PP, Bawaslu, KPU dan Ditpolair selaku Pamatwil di wilayah kita bersinergi memantau keamanan Pilkada dan memastikan kondisi tetap aman dan lancar. Untuk saat ini belum ada kejadian menonjol yang bisa dilaporkan, kita harapkan situasi tetap aman dan kondusif," pungkasnya.***