PEKANBARU - Aksi unjuk rasa mahasiswa bela rakyat di Pekanbaru, Riau Kamis (12/1/2017) menjelang sore, diwarnai bakar ban bekas di ruas jalan depan Kantor DPRD Riau. Aksi itu bahkan berlanjut sampai ke dalam pekarangan gedung.

Massa membakar ban bekas di depan gerbang Kantor DPRD Riau, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Mahasiswa juga sempat memblokir jalan, sebelum akhirnya diperbolehkan masuk ke dalam pekarangan gedung rakyat ini.

Tonton: Video Udara Aksi Bela Rakyat dari Para Mahasiswa di Gedung DPRD Riau

Di dalam, aksi dilanjutkan dengan bakar ban dan menyampaikan orasi. Asap hitam membumbung tinggi. Terlihat aparat kepolisian, Satpol PP dan lainnya berjaga-jaga di tangga gedung.

Mahasiswa yang ditaksir berjumlah sekitar 700 orang ini juga membawa berbagai spanduk tuntutan, terkait kebijakan pemerintah yang tidak pro-rakyat. "Reformasi..reformasi..reformasi," teriak lantang mahasiswa.

Meski matahari terik, mahasiswa tersebut tetap tak bergeming. Mereka bertahan ditangga gedung sambil menyampaikan orasi bergantian. Bahkan unjuk rasa nyaris ricuh, saat pendemo berusaha menutup akses keluar, agar anggota dewan tidak pulang.

Dalam aksinya, pendemo mendesak agar Presiden RI, Joko widodo (Jokowi) lepaskan diri dari jabatannya. Ini karena kebijakan sang presiden dan pemerintah yang dinilai mahasiswa tidak pro-rakyat. "Jokowi turun..Jokowi turun..," teriak massa. ***