DUMAI - Tidak hanya persaingan industri yang terjadi di Kota Dumai, Riau, usaha transportasi darat seperti truk pun ikutan bersaing dalam era Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA.

Seperti yang dikatakan Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Provinsi Riau, Robin Eduar dalam acara pengukuhan pengurus DPC Aptrindo Kota Dumai, Selasa (15/11/2016), bahwa angkutan truk merupakan salah satu sarana transportasi darat paling penting.

"Apalagi saat ini tidak hanya di Dumai yang menyongsong MEA, tapi seluruh negara Asean termasuk Indonesia. Untuk itu, pelaku usaha transportasi truk harus bisa bersaing di era MEA," ujarnya.

Terpisah, Ketua DPP Aptrindo, Gemilang Tarigan mengapresiasi kehadiran DPC Aptrindo Kota Dumai yang baru saja dikukuhkan. Sehingga Aptrindo di Kota Dumai mampu bersaing dengan pengusaha dari negara lainnya.

"Maklum saja, Kota Dumai merupakan pintu masuk yang strategis. Kita juga ingin pemerintah ikut membenahi regulasi sarana dan tata laksana transportasi, terutama untuk pengusaha Aptrindo," ungkapnya.

Baca Juga: Ini Kata Menhub Tentang Masa Depan Transportasi di Indonesia, Termasuk Riau

Menurutnya, truk yang melintas di jalan raya sebuah bukti, dimana truk merupakan bagian penting transportasi dalam distribusi logistik. Sehingga, sarana transportasi darat pun perlu pembenahan, guna mempermudah akses ke setiap daerah di Riau, khususnya Dumai.Baca Juga: Pemerintah Lamban Atasi Kisruh Transportasi Online

"Kita juga siapkan armada (truk) Aptrindo yang standar Asean. Bahkan, melakukan sertifikasi terhadap pengemudi yang ada di bawah naungan Aptrindo," bebernya.

Baca Juga: Ini 5 Isu Terkini Tentang Angkutan Darat

Sementara itu Sekertaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai, Said Mustafa berpesan, agar truk yang melintas di Kota Dumai lebih tertib. Hal ini demi keselamatan pengendara lainnya di jalan raya yang sama-sama melintas.

Baca Juga: Pengurus DPC Aptrindo Kota Dumai 2016-2021 Dikukuhkan

"Lalu, jangan parkir (truk) sembarangan. Tempatnya kan sudah disediakan. Selain itu, lakukan pengurusan KIR secara berkala, agar kondisi kendaraan lebih terjamin dan tidak membahayakan orang lain," ulasnya.*** #DUMAI