PEKANBARU, GORIAU.COM - Cabang Panahan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) mendapat apresiasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau atas pencapaian prestasi sepanjang tahun 2014.

Dari 15 cabang olahraga yang berada di PPLP, Panahan mengantongi medali terbanyak dengan raihan 6 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu.

Menyusul cabang tinju merengkuh 4 emas, 4 perak dan satu perunggu. Angkat besi dengan 3 emas, 4 perak dan 5 perunggu. Kemudian cabang senam dengan raihan 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Dari belasan cabang tersebut, cabang dayung tampil dengan prestasi yang merosot. Juara umum yang hampir setiap tahun tidak bisa lepas darinya, akhirnya kandas untuk tahun ini. Dimana cabang dayung hanya mampu merengkuh satu perak dan 2 perunggu.

Dari 15 cabang tersebut, satu cabang batal diikuti Riau, yakni sepakbola. Dari jatah tuan rumah, akhirnya harus dipindah ke luar daerah. Sementara ada satu cabang yang tidak berhasil merengkuh medali satu pun, yakni tenis meja.

"Kita berharap prestasi ini terus ditingkatkan. Bagi yang belum, segeralah berbenah, bagi yang sudah agar ditingkatkan. Banyak iven besar yang akan kita tempuh ke depan," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Edi Satria, Selasa (30/12/2014).

Beberapa diantaranya adalah Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dan iven kejurnas lainnya. "Kita berharap pelatih dan atlet selalu bersinergi," sambung Edi Satria.

Dengan hasil tersebut, PPLP Dispora Riau berhasil membukukan 21 medali emas, 24 perak dan 31 medali perunggu. Sementara 3 cabang PPLM tingkat mahasiswa berhasil mengamankan 6 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

Pemberian Bonus

Dispora Riau secara resmi menyerahkan bonus kepada atlet dan pelatih berprestasi, Selasa (30/12/2014). Bonus tersebut sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada mereka yang telah mengharumkan nama Riau di kancah nasional.

Ada pun besaran bonus yang diberikan, peraih emas diberikan Rp8 juta, perak diberikan Rp5 juta dan perunggu dihadiahi Rp2,5 juta. Total tersebut merupakan besaran yang diberikan untuk atlet dan pelatih di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP).

Sementara untuk Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) diberikan Rp6 juta untuk peraih emas, Rp4 juta untuk perak dan Rp2 juta untuk perunggu.***