PEKANBARU - PSPS Riau menggeser PSMS Medan dari posisi runner up sementara di Grup A Liga 2 setelah mampu mengalahkan PSMS Medan dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan itu diperoleh Askar Bertuah atas Ayam Kinantan di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Rabu (20/10/2021).

Kemenangan PSPS didapat setelah Muhammad Sanjaya mantan bintang Timnas Futsal Indonesia yang masuk sebagai pemain pengganti mampu menggetarkan gawang PSMS Medan yang dijaga Abdul Rohim.

Memanfaatkan kelemahan lini bertahan PSMS Medan yang terbuai karena terlalu asik menyerang dari awal babak pertama langsung dihukum oleh Rendi Saputra yang memberikan umpan manja kepada Sanjaya di menit 71.

GoRiau Selebrasi penyerang PSPS Riau,
Selebrasi penyerang PSPS Riau, Muhammad Sanjaya setelah membobol gawang PSMS Medan, Rabu (20/10/2021).

Tanpa pengawalan dari pemain bertahan PSMS Medan, Sanjaya yang menggunakan nomer punggung 10 tanpa ampun langsung membobol gawang Ayam Kinantan.

Seusai pertandingan Pelatih Kepala PSPS Riau, Jafri Sastra mengakui bahwa anak asuhnya dari awal selalu tertekan oleh PSMS Medan yang memainkan gaya rab-rabnya.

"Apresiasi saya berikan kepada para pemain karena telah berjuang selama 90 menit," kata Jafri Sastra.

Jafri Sastra mengakui setelah menelan kekalahan atas Sriwijaya 0-3 di pertandingan sebelumnya, banyak evaluasi yang di lakukan oleh squad Askar Bertuah.

"Banyak evaluasi yang dilakukan, tapi memang harus diakui ada beberapa strategi yang tidak berjalan. Tapi Alhamdulillah kita bisa raih poin penuh," tuturnya.

Dengan begitu atas kemenangan ini PSPS naik ke posisi kedua dibawah Sriwijaya FC dengan mengolek si 7 poin berkat dari 2 kemenangan dan 1 imbang.

Sementars itu PSMS Medan harus tela turun ke posisi 3 dengan mengoleksi 5 poin hasil dari 1 kali menang dan 2 kali imbang.

Babak Pertama

PSMS Medan mengambil inisiatif menyerang dari peluit babak pertama ditiupkan oleh wasit, gempuran terus mereka layangkan ke PSPS demi terciptanya gol.

Namun segala upaya yang dicoba oleh PSMS Medan dapat digagalkan oleh lini bertahan PSPS Riau yang dikomandoi oleh Syahrizal dan Novrianto.

Dimenit ke 9 Rahmat Hidayat mendapatkan peluang, namun sayang sepakannya dari jatak dekat masih melambung diatas gawang PSPS.

Karena selalu di gempur oleh para pemain PSMS Medan, PSPS hanya bisa bertahan di setengah lapangan dan hanya menunggu kesalahan dari pemain PSMS Medan untuk bisa merancang serangan balik.

Di menit ke 25, memanfaatkan tendangan bebas Novrianto. Rachmat Hidayatullah bisa menceploskan bola ke gawang PSMS, namun sayang gol tersebut dianulir wasit karena Rachmat terlebih dahulu berada di posisi offside.

Begitu juga dengan upaya dari Kevin Dwi Yulian di menit 28, sepakannya masih bisa dimentahkan oleh M Sabillah.

Hingga turun minum skor 0-0 menghiasi laga sore ini.

Babak Kedua

Tidak jauh berbeda dari pada babak pertama, di babak kedua ini PSMS juga langsung mengepung PSPS hingga hanya bermain setengah lapangan.

Bola sendiri hanya berkutik di lini tengah dengan sekali-sekali PSMS menyodok lini pertahanan PSPS, namun lagi-lagi rapatnya barisan pertahanan PSPS menggagalkan segala upaya yang dilakukan PSMS medan.

Menit 62 pemain pengganti PSMS Ghozali Siregar tendangannya masih melebar dari gawang PSPS yang di jaga kiper muda Risky Sudirman.

Menit 64 dan 72 usaha dari Rachmad Hidayat lagi-lagi belum mampu menggetarkan gawang Risky Sudirman.

Alih-alih ingin ungguo terlebih dahulu, PSMS Medan justru kebobolan. Memanfaatkan kelengahan para pemain PSMS Medan yang asik menyerang, Askar Bertuah yang memanfaatkan serangan balik cepat berhasil membobol gawang PSMS di menit 71.

Kaloborasi apik dari Rendi Saputra yang memberikan umpan manja ke Muhammad Sanjaya langsung tanpa ampun menghukum PSMS Medan dengan tendangannya.

Tak tinggal diam karena tertinggal dari anak-anak Riau, PSMS Medan juga kembali melancarkan serangannya.

Namun sayang upaya dari Fiwi Dwipan di menit 80 dan Gozali Siregar di menit 83 dapat digagalkan tembok berlapis yang dibangun oleh PSPS Riau. ***

Susunan Pemain

PSPS Riau : Risky Sudirman, Danil Junaidi, Kasim Slamat, Novrianto, Syarizal, Fadau, Kevin, Rahmat, Rendi, Zamrony, Andre. Pelatih : Jafri Sastra

PSMS Medan: Abdul Rohim, Joko Susilo, M Sabillah, Syaiful, Yudhi, Ichsan Pratama, Rachmad, Yohanis Nabar, Hamdi, Ilham Fathoni, Haddy Barry. Pelatih : Ansyari Lubis