PEKANBARU – Tumpukan sampah masih terlihat hingga hari ini di depan bangunan Pasar Cik Puan yang ada di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, Riau.

Pantauan GoRiau.com di lapangan, tumpukan sampah ini sudah sama tingginya dengan lantai bangunan pasar yang pembangunannya sudah mangkrak selama lebih kurang 10 tahun ini.

Bahkan aroma sampah yang menyengat dapat dirasakan pengendara ketika melintasi Jalan Tuanku Tambusai ini, karena tumpukan sampah tidak jauh dari jalan protokol.

"Pertamanya nggak tau kok ada seperti bau sampah, tapi berapa kali lewat sini baru kelihatan kalau ada tumpukan sampah," ucap salah seorang warga, Madi, Kamis (12/5/2022).

Meskipun pembangunan pasar ini sudah tidak lagi dilanjutkan, namun masih banyak pedagang dan pembeli yang melakukan aktifitas jual beli di Pasar Cik Puan.

Tentu hal ini mengganggu kenyamanan pedagang dan juga pembeli. Berdasarkan penuturan pedagang, sampah-sampah ini tidak jelas datangnya dari mana.

"Biasanya untuk sampah pasar aja, sampah yang sekarang diantar pakai mobil pickup dan bentor," kata Yati.

Yati mengakui sampah-sampah ini diangkut setiap hari oleh petugas kebersihan, hanya saja sampah yang datang melebihi sampah yang diangkut oleh petugas.

"Nggak ada habisnya, sampah datang terus. Otomatis pembeli jadi sepi karena bau sampah yang menyengat," jelasnya.

Sama seperti harapan warga Pekanbaru lainnya, Yati, ia berharap permasalahan sampah yang ada di Pekanbaru dapat segera terselesaikan dan Pekanbaru kembali dinobatkan sebagai kota terbersih. ***