BENGKALIS - Dalam rangka meningkatkan manajemen keuangan pengurus cabang olahraga, KONI Kabupaten Bengkalis menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Tahun 2016 di Hotel Panorama Bengkalis, Sabtu (25/12/2016).

Ketua Umum KONI Bengkalis diwakili Wakil Ketua Umum I, Syahrizal mengatakan, Bimtek ini rencananya akan menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya.

"Kami mengharapkan peserta Bimtek dapat mengikuti dengan baik sehingga dapat ilmu dalam mempertanggungjawabkan batuan dana hibah Pemerintah Kabupaten Bengkalis," kata pria yang akrab Jang ini.

Ditambahkan Syahrizal, KONI Bengkalis sudah mempunyai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Panduan Bantuan Dana KONI ke Pengkab. Ini akan menjadi rambu-rambu dalam pengelolaan keuangan KONI ke depan.

Bimtek menghadirkan narasumber dari BPKP Provinsi Riau, Yanerius dan Kantor Pajak Bengkalis dan Bagian Keuangan Kantor Bupati Bengkalis.

Narasumber dari BPKP Provinsi Riau, Yanerius dalam materinya menjelaskan dalam Pengeloalan Keuangan KONI ada sirklus yang harus dilalui mulai dari penganggaran, penatausahaan serta akuntansi, pertanggungjawaban dan pelaporan. Terakhir pembinaan dan pengawasan.

"Pertangungjawaban keuangan KONI pada tahun anggaran sejak berdirinya KONI. Sedangkan pelaporan keuangan sifat akumulasi dan setiap aset KONI tercatat serta ada pelaporannya," terangnya

"Uji petik dapat dilakukan BPKP sebagai sampel dalam pengguna dana hibah dari Pemkab Bengkalis," imbunhya.

Ke depan BPKP sebagai pembina keuangan daerah mengharapkan KONI Bengkalis sering berkoordinasi dan mengadakan Bimtek seperti ini untuk meningkatkan pengelolaan Keuangan KONI Bengkalis.*** #BENGKALIS