JAKARTA - Posisi Ferrial Sofyan sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, diusulkan untuk diganti dengan Ketua DPD Partai Demokrat DKI, Santoso.

Usulan tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan DPP Demokrat Nomor 06/SK/DPP.PD/I/2019, tentang Pergantian Unsur Pimpinan (Wakil Ketua) DPRD Provinsi DKI Jakarta Fraksi Partai Demokrat tertanggal 23 Januari 2019 yang ditandatangani langsung oleh SBY dan Sekjen Demokrat, Hinca Pandjaitan.

"Mengusulkan pergantian unsur pimpinan (Wakil Ketua) DPRD Provinsi DKI Jakarta dari Fraksi Partai Demokrat, yang semula dijabat oleh saudara H. Ferial Sofyan digantikan oleh saudara Santoso, SH," demikian kutipan surat tersebut.

Sebelumnya, Ferial ditetapkan menjadi wakil ketua DPRD melalui Surat Keputusan DPP Demokrat Nomor: 18/SK/DPP.PD/VIII/2014, tertanggal 28 Agustus 2014.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPP partai Demokrat, Ardy Malembout, mengaku belum mengetahui pasti perihal kabar penggantian Ferrial dengan Santoso. Namun Ardy menilai wajar jika penggantian posisi wakil ketua DPRD DKI diganti saat ini.

"Di DKI ini kurang bergairah," kata Ardy kepada GoNews.co, Selasa (05/02/2019)

"Ya mungkin dianggap tidak cukup memberi kontribusi. Kita kan di Utara dan Barat memang gak ada kursi dari pemilu 2014. Nah, Santoto kan maju DPR RI juga buat Utara dan Barat," tutur Ardi yang juga menjadi Caleg Demokrat untuk Dapil DKI IV ini.

Ardy menegaskan, pergantian unsur pimpinan merupakan hal biasa untuk penyegaran partai. Kader, bisa lebih fokus pada agenda prioritasnya.

"Kebetulan Pak Ferrial berada di Dapil yang sama dengan saya. Hanya berbeda kepentingannya, saya untuk DPR, beliau untuk DPRD," kata Ardy.

Untuk diketahui, Dapil DKI Jakarta 4 pada Pileg 17 April 2019 mendatang, meliputi wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, yang terdiri dari Kecamatan Matraman, Kecamatan Pulogadung dan Kecamatan Cakung.***