BINAN - Skuat Timnas Putri Indonesia disikat Vietnam pada laga perdana fase Grup B gelaran SEA Games ke-30 di Filipina. Bermain di Stadion Sepakbola Binan, Filipina, Jumat (29/11/2019) siang, Garuda Pertiwi kalah dengan skor telak 0-6.

Sejak babak pertama, skuat Timnas Putri sudah turun dengan kekuatan utama. Namun sayang laga baru berjalan 9 menit, gawang tim Garuda yang dijaga ketat Norffince Boma harus kebobolan lewat aksi Nguyen Thi Tuyet Dung, sehingga membawa Vietnam unggul cepat 1-0 di awal babak.

Lima menit berselang, skuat polesan Mai Duc Chung ini langsung tancap gas dan menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Nguyen Thivan yang mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Vietnam menjauh 3-0. Tak butuh lama bagi pemain bernomor punggung 18 ini kembali mencatatkan namanya di papan skor. Setelah mengecoh pertahanan skuat Garuda Pertiwi,  Nguyen Thivan kembali mencetak gol bagi Vietnam pada menit 19 dan membawa timnya unggul 3-0 di paruh laga.

Dibabak kedua, skuat Timnas Putri mencoba mengubah tempo permainan. Tampil dengan formasi 4-2-3-1, Rani Mulyasari dan kawan-kawan bermain lebih tenang di babak kedua. Namun sayang, permainan cepat Huynh Nhu dan kolega di babak ini semakin taktis dan membuat barisan pertahanan skuat Garuda goyah.

Alhasil, pada menit ke-50, Huynh Nhu menambah pundi-pundi gol bagi Vietnam dan membawa Vietnam menjauh 4-0. Tak menurunkan tempo permainan mereka yang cepat, Vietnam kembali menambah selisih angka menjadi 5-0, setelah aksinya pada menit ke-61 tak mampu dihalau Shalika Aurelia dan kawan-kawang yang mengawal ketat area pertahanan Indonesia.

Vietnam akhirnya menegaskan kemenangan mereka kontra Tim Indonesia di laga ini melalui gol Nguyen Thi Tuyet Dung pada menit 81, yang sekaligus menutup laga dengan skor akhir 0-6.

Menanggapi hasil ini, Pelatih Timnas Putri Indonesia Rully Nere mengatakan, timnya sudah berjuang keras. Namun, tiga dari enam gol yang tercipta merupakan kesalahan barisan pertahanan skuat Garuda Pertiwi. “Pemain sudah berupaya mengimbangi Vietnam yang memang merupakan tim bagus. Namun sayangnya, tiga dari enam gol yang tercipta merupakan kesalahan kami sendiri” tutupnya.

Dengan hasil ini, maka timnas Indonesia untuk sementara menjadi juru kunci grup B dengan mengoleksi 0 poin, hasil dari 1 kekalahan dengan defisit 6 gol. Sementara Vietnam kokoh di puncak klasemen dengan mengoleksi 4 poin, hasil dari 1 hasil seri dan kemenagan atas Indonesia hari ini. Selanjutnya, Timnas Putri Indonesia laga selanjutnya kontra Thailand pada Senin, 2 Desember 2019. ***