SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak sangat mengantisipasi kasus Covid-19 tidak ada lagi di Kabupaten Siak, Riau. Untuk penanganannya, setiap orang dan orang tanpa gejala (OTG) harus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan imunitas.

Bupati Siak, Alfedri mengatakan OTG merupakan orang yang mungkin pernah bersentuhan langsung dengan penderita Covid-19 sehingga dirinya tertular. Namun OTG tidak mengalami gejala Covid-19 seperti demam tinggi dan sesak nafas.

"Makanya penting bagi OTG atau siapapun untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan imunitas," ujar Alfedri, Sabtu (20/6/2020) kepada GoRiau.com.

Selain menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, Bupati juga meminta setiap orang mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta tetap diam di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus dari OTG ke kelompok rentan.

"Jadi imunitas tubuh dan menjaga jarak adalah kunci mengantisipasi kasus Covid-19 tidak menyebar sekaligus penanganan orang tanpa gejala. Penularan lewat OTG ini sangat berbahaya, karena orang tidak tahu," ujarnya.

Bupati kembali mengingatkan, penerapan New Normal di Kabupaten Siak bukan berarti membebaskan masyarakat beraktivitas tanpa mengikuti protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan itu wajib diterapkan, jangan sampai diabaikan. Ini penting bagi kita dan juga orang-orang tersayang di lingkungan terdekat kita," sebut Alfedri. ***