PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Riau mencatat, dari 12 kabupaten/kota di Riau, 3 diantaranya terbanyak mengalami kasus AIDS. Hal ini dibuktikan setelah dilakukan tes sukarela kepada para pekerja seks komersial dan pasangan homo seksual.

Ketiga daerah tersebut yakni Kota Pekanbaru, Dumai dan Kabupaten Bengkalis. Data yang dihimpun Diskes Provinsi Riau, sepanjang Januari-Mei 2015, ditemukan kasus AIDS wanita sebesar 35 persen, kemudian pria 65 persen.

"Sementara HIV pada wanita sebanyak 31 persen dan 71 persen jumla pria," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril, di Pekanbaru, Kamis (18/6/2015).

Dikatakannya, Riau sudah membentuk klinik (Voluntary Counseling Test) VCT sejak 2014 itu dan sudah menjangkau penderita HIV lebih awal, tidak lagi pada fase terminal.

Sejak tahun 2004 klinik VCT pertama kali dikelola RSUD Arifin Achmad itu, dan telah dibantu klinik VCT yang sama pada 12 kabupaten dan kota se-Riau yang telah memiliki klinik VCT.

Keberadaan klinik tersebut,  telah membantu menjangkau penderita HIV lebih awal, dan mereka tidak lagi perlu datang pada fase terminal, sehingga petugas dapat menolong mereka agar dapat memperpanjang masa hidupnya.***