JAKARTA - Ternyata bukan hanya dua tetapi ada sembilan pemain keturunan Indonesia yang disebut pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong bakal direkrut memperkuat Skut Garuda yang bakal dipersiapkan untuk tampil pada Piala Dunia U 20 2021. Dari sembilan itu, pelatih asal Korea Selatan ini belum membuka identitas tujuh nama pemain keturunan lainnya.

Seperti diketahui dua pemain keturunan Indonesia-Jerman sudah dipanggil pada TC di Kroasia yakni Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahesa. Kelana lahir 30 Januari 2001 sementara adiknya Luah lahir 30 Juli 2002. Keduanya tercatat sebagai pemain Bonner SC asal Born, Jerman yang bermain di kompetisi kasta empat.

"Untuk pemain keturunan saat ini ada sembilan. Dari sembilan pemain itu dua diantaranya sudah ikut berlatih bersama kami sementara sisanya masih menunggu. Kami tidak bisa membuka identitas mereka. Kalau sudah ada keputusan, kami dan PSSI pasti akan terbuka," kata Shin Tae-yong seperti dilansir dari pssi.org usai Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut kedatangan pemain Timnas U 19 di Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (27/10/2020).

Timnas U 19 Indonesia yang menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia selama dua bulan sudah kembali ke Tanah Air Selasa (27/10/2020) malam. Pata pemain Skuad Garuda akan kembali ke klub masing-masing sembari menunggu kompetisi kembali digulirkan.

Sebelum kembali menjalani TC di luar negeri dalam rangka persiapan menuju Piala Dunia U 20 2021, pelatih Timnas U 19 Indonesia, Shin Tae-yong akan memanfaatkan waktu jeda untuk mencari pemain baru. Tujuannya, untuk memperkuat skuatnya saat ini.

"Saat TC selanjutnya ada nanti beberapa pemain baru yang kami panggil. Tapi kami masih sulit untuk memantau serta melakukan seleksi karena kompetisi yang belum bergulir," tambahnya.

TC di Kroasia sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah. ***