JAKARTA - Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis (16/1/2020), malam menerima penghargaan dari Menteri Agama RI, Fachrul Razi dalam acara Sempena Malam Tasyakuran dalam rangka Hari Amal Bakti ke 74 Kementerian Agama 2020. Tidak hanya Syamsuar, sejumlah kepala daerah pun mendapatkan penghargaan yang sama dari Menteri Agama.

Menurut Fachrul, kenapa sejumlah kepala daerah mendapatkan penghargaan yang telah memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan agama dan keagamaan dan Syamsuar.

"Pak Syamsuar telah melakukan, antara lain telah menghibahkan tanah untuk 56 lokasi KUA (Kantor Urusan Agama), konversi Bank Riau Kepri dari konvensional menjadi syariah, mewajibkan seluruh ASN di lingkungan Pemprov Riau untuk membayar zakat penghasilan (gaji/penghasilan bulanan)," sebut Fachrul.

Selain itu dikatakan Fachrul, Syamsuar juga telah membuat berbagai terobosan dan kebijakan dalam bidang keagamaan, seperti meluncurkan gerakan infaq Rp1000 per hari.

"Kami berharap ada terobosan-terobosan baru dari Pak Syamsuar sebagai pemimpin di Provinsi Riau," ungkapnya.

Sementara itu, Syamsuar mengatakan kepada GoRiau.com, bahwa penghargaan yang diterimanya malam ini dari Menteri Agama, merupakan buah dari doa dan dukungan masyarakat Riau terhadap dirinya.

"Jika infaq Rp1.000 per hari berjalan dengan baik, tidak kurang dari Rp5 miliar terkumpul dalam satu hari. Mengingat jumlah penduduk Riau saat ini sekitar 7 juta orang. Dimana mayoritas beragama Islam. Sedangkan zakat penghasilan dari ASN Pemprov Riau, paling tidak saat ini terkumpul sekitar Rp10 miliar per bulan," jelas Syamsuar.

Selain Syamsuar, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Kalimantan Barat, serta Bupati Bolaangomodo Selatan (Sulawesi Utara),Bupati Bondowoso (Jawa Timur) danWalikota Kupang.

Gubernur DKI Anies Baswedan telah menghibahkan dana sebesar Rp400 miliar untuk membantu guru agama. Gubernur Kalimantan Barat telah menghibahkan tanah untuk asrama haji lebih dari 23 hektar.

Sementara Bupati Bondowoso telah menghibahkan dana sebesar Rp18 miliar untuk pendidikan agama dan Walikota Kupang telag menghibahkan dana Rp942 miliar untuk rumah ibadah Budha.

Penghargaan ini diberikan dalam rangka Hari Amal Bakti ke 74 Kemenag RI Tahun 2020. Acara digelar di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta. ***