PEKANBARU - Pemakaman Beni Syamsu Trisno alias Abu Ibrahim dilangsungkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) daerah Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar - Riau, Minggu (13/5/2018) siang.

Proses pemakaman terduga teroris yang meninggal dunia saat pecahnya kerusuhan di Rutan Cabang Salemba komplek Mako Brimob Kepala Dua di Depok ini turut dihadiri warga setempat dan keluarga.

Pemakaman digelar di Siak Hulu, meski awalnya sempat bergejolak dan mendapat penolakan dari masyarakat setempat. Hal serupa juga terjadi di tanah kelahirannya, Kabupaten Padang - Pariaman Sumatera Barat.

Namun, pihak aparatur serta pemuka masyarakat di Desa Pandau Jaya dapat menenangkan warganya, setelah bermusyawarah serta berembuk, termasuk bersama keluarga Beni.

"Kebetulan keluarganya tinggal di sini, itu alasan kami bisa menerimanya. Awalnya banyak bergejolak dari masyarakat, kita berikan masukan, kalau tidak di sini kemana lagi kita bawa kan (Jenazahnya, red)," tutur Kepala Dusun Pandau Jaya Firdaus Roza.

Ia melanjutkan, jasad Beni tiba di bandara Kota Pekanbaru pada Minggu pagi tadi sekitar pukul 07.45 WIB. Pihaknya, terang Firdaus, hanya memfasilitasi untuk dapat dimakamkan di daerahnya. "Kalau mendoa, terserah keluarganya," lanjut dia.

Ia bersyukur, warga yang awalnya sempat menolak pemakaman Beni digelar di Pandau Jaya dapat mengerti, setelah perangkat desa dan tokoh setempat berembuk. "Alhamdulillah kita bisa yakinkan masyarakat di sini, tidak akan ada apa-apa," singkatnya.

Isak tangis dari keluarga pun tak terbendung saat jenazah Beni tiba di Desa Pandau Jaya, Siak Hulu. Usai dishalatkan di Musalla, kemudian dilanjutkan ke TPU untuk dimakamkan. ***