BOGOR - Dua tembang lawas mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PP Perbasi ke-70 yang berlangsung sederhana di Villa Robinson Cisarua Resort Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 23 Oktober 2021 malam. Tembang lawas dengan judul "Jangan Ada Dusta di Antara Kita" milik Broery Marantika dilantunkan Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi dan ditutup Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih dengan tembang 'Gereja Tua' milik yang dipopulerkan Panbers.

Para pengurus yang hadir di acara malam itu hanyut ikut bernyanyi bersama. Acara kemudian dilanjutkan dengan sumbang lagu dari pengurus lain kemudian potong tumpeng nasi kuning dan makan bersama. Acara syukuran ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun PP Perbasi oleh pengurus yang dilakukan pada 22 hingga 24 Oktober 2021.

Sebelum puncak acara itu, para pengurus PP Perbasi menggelar rapat pleno. Rapat ini membahas organisasi dan menghasilkan dua beberapa program spektakuler yang akan diputar tahun ini yang berlanjut tahun depan. Program tersebut dipaparkan kepada publik melalui konferensi pers usai rapat pleno yang juga dihadiri Bendahara Umum PP Perbasi, Cyrus Harsaningtyas, Waketum Bidang Pembinaan dan Prestasi George Dendeng, Waketum Bidang Marketing dan Bisnis Francis Wanandi, dan Waketum Bidang Organisasi Wawan Mulyana.

"Rapat Pleno berjalan lancar ada beberapa program yang telah diputuskan dan disetujui. Seperti rangkaian kegiatan HUT Perbasi ke-70 yang akan dilaksanakan di Senayan dan memunculkan beberapa program baru, seperti Basket Indonesia Bergerak. Kemudian untuk bidang organisasi akan dilakukan sedikit perubahan dengan memasukan komisi FIBA World Cup," jelas Nirmala Dewi.

Dikatakan Danny Kosasih, program yang dibahas dalam rapat pleno akan dilakukan selambatnya 2 bulan ke depan. Goal besar untuk timnas, akan mempersiapkan Timnas Elite proyeksi FIBA World Cup 2023. Awal bulan depan akan training camp ke Amerika Serikat untuk kemudian match jumpa Lebanon dalam Kualifikasi FIBA World Cup 2023 untuk window pertama pada 26 dan 29 November 2021.

Namun demikian, Danny menegaskan bahwa target tembus 8 besar FIBA Asia Cup tahun depan tetap menjadi harga mati. Ini bisa menjadi jalur lain menembus putaran final FIBA World Cup 2023 selain melalui kualifikasi.

Mendukung target ini, PP Perbasi juga sudah membentuk Tim Nasional (Timnas) Elit Muda yang difungsikan sebagai penyedia pemain muda berkualitas untuk dipilih Coach Timnas Bolabasket Indonesia, Rajko Toroman. Saat ini juga baru saja selesai seleksi tahap pertama dan akan dilakukan seleksi tahap berikutnya. "Nantinya, materi pemain bisa dipakai Coach Toro dan status pemain belum terikat dengan klub IBL," jelas Danny.

Nah, agar dukungan publik melimpah dalam penyelenggaraan FIBA World Cup 2023, PP Perbasi meluncurkan program Basket Indonesia Bergerak. Melalui pogram ini masyarakat Indonesia bisa demam bola basket. Rencananya dieksekusi mulai tahun 2022 dengan menyentuh lapisan masyarakat hingga pelosok di 80 kota di seluruh Indonesia.

"Konsepnya, selain untuk demamkan masyarakat terhadap bola basket, program ini untuk menambah jam terbang para pebasket muda. Pelaksanaannya mengambil waktu saat wekend, Jumat sampai Minggu. Minimal satu kota diikuti 10 tim dengan usia atlet di bawah 22 tahun. Total akan melibatkan 12 atlet. Waktu kompetisi minimal tiga bulan, sehingga waktu bermain cukup banyak. Teknisnya nanti akan koordinasi dengan Pengprov," terang George Dendeng.

Acara perayaan ulang tahun kali ini juga dimanfaatkan untuk mentransformasi PP Perbasi menjadi lebih profesional. Salah satunya dengan merapikan administrasi organisasi. Kemudian melakukan rebranding PP Perbasi dalam marketing. Dengan membuat logo baru kegiatan dan menyegarkan sosial media. Tujuannya menambah awareness kepada publik terhadap PP Perbasi.

"Semuanya akan kita perkenalkan atau launching saat perayaan ulang tahun PP PERBASI dengan publik di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, bulan depan. HUT Perbasi ke-70 akan menjadi momentum program ke depan, rangkaian acara peluncuran logo dan label basketball Indonesia, pemberian penghargaan terhadap tokoh bola basket Nasional termasuk launching sosmed PP Perbasi  bersifat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mem-follow semua kegiatan PP Perbasi," jelas Francis Wanandi. ***