PEKANBARU - Desa Teluk Bano II, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau telah resmi dijadikan sebagai Green Village atau Desa Hijau.

Program Green Village ini melibatkan sejumlah mahasiswa Unilak Pekanbaru dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Pekaitan. Didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Peresmian ditandai dengan penanaman 5.000 pohon secara simbolis oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong, Tenaga Ahli Kementerian LHK, Dr. Afni Zulkifli MSi, Rektor Unilak Dr. Junaidi, dan Kepala BPDASHL Indragiri Rokan Ir. Irpana Nur.

"Kegiatan ini sangat luar biasa, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sangat mengapresiasi anak-anak mahasiswa bahkan sampai Rektor Unilak pun ikut turun melakukan penanaman pohon sebanyak 5 ribu pohon ini," kata Bupati Rohil, Jumat (27/8/2021).

Bupati juga mengatakan, bahwa ia telah menyampaikan kepada perwakilan Kementerian LHK agar tidak hanya 5 ribu pohon saja yang sampai ke Rohil.

"Kalau bisa 2 juta pohon pun kita tampung, kita bagikan ke seluruh kepenghuluan yang ada di Rohil," ujarnya.

Sementara, Rektor Unilak, Junaidi juga mengatakan, program dukungan Kementerian LHK itu, adalah cara mahasiswa belajar bersama masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

"Terima kasih kepada Kementerian LHK yang telah beberapa kali melakukan kerjasama dengan Unilak. Gerakan penanaman ini harus dilakukan terus menerus," tandasnya. ***