RENGAT, GORIAU.COM - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), H Harman Harmaini, secara resmi membuka Bulan Bhakti Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes) tahun 2014 yang dipusatkan di halaman kantor camat Batang Gansal, Rabu (10/12/2014).

Hadir pada acara tersebut, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Propinsi Riau, Kadis Kesehatan Inhu, Ketua Tim Penggerak PKK Inhu dan sejumlah pejabat eselon II, II dan IV serta Camat Batang Gangsal dan tamu undangan lain.

Wabup Inhu dalam sambutannya, menyebutkan bahwa, pembangunan kependududkan dan keluarga berencana di era reformasi merupakan hal yang sangat penting.

Maka, diharapkan kepada semua pihak yang terkait untuk menyatukan langkah dalam menekan laju pertumbuhan penduduk di Inhu saat ini. "Saya yakin, dengan gebrakan yang dilaksanakan tim penggerak PKK saat ini, bisa menempatkan PKK menjadi garda terdepan dalam pembangunan kependudukan  KB dan Kesehatan ditengah-tengah masyarakat", singkatnya.

Hj Karmiatun Harman selaku Ketua Panitia Pencangan Bulan Bhakti Kesatuan PKK KB-Kes dalam sambutannya menyatakan bahwa, saat ini KB menjadi permasalahan yang sangat krusial dalam rangka mengimbangi laju pertumbuhan penduduk saat ini.

Sebagai mitra pemerintah, tim penggerak PKK Kabupaten Inhu, akan terus berperan dalam menyampaikan program pemerintah daerah, terutama dibidang KB dan kesehatan kependudukan, sebutnya.

Dijelaskan Karmiatun, tujuan kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes) tahun 2014 ini bertujuan, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang betapa pentingnya KB dan kesehatan.

Dengan demikian, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan serta menjalankan program KB yang selama ini digalakan pemerintah tentunya harus ditingkatkan.

Sehingga, upaya menekan lajunya angka kelahiran penduduk dan angka kematian ibu tentunya bisa terwujud. Hal ini juga merupakan salah satu indicator pencapaian pelaksanaan Millenium Development Goal (MDGs).

"Oleh karena itu, kepada seluruh tim penggerak PPK yang ada di Inhu, saya berharap agar mampu dan terus berikan pemahaman pada masyarakat tentang betapa pentingnya KB dan kesehatan itu", terang Istri Wabup Inhu itu.

Diakhir sambutannya, Karmiatun menyebutkan bahwa, pelaksanaan bhakti sosial PKK Inhu ini telah dilaksanakan sejak Oktober 2014 lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak diseluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Inhu.

Sementara sumber dana kegiatan berasal dari APBD Inhu melalui Kantor Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP), serta dana hibah tim penggerak PKK Inhu, tutupnya.(jef)