JAKARTA - 'Bumi Manusia', karya Hanung Bramantyo bersama Falcon Pictures yang diadopsi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, tengah menjadi perbincangan warganet pada Kamis (04/07/2019) malam. Di twitter, tema 'Bumi Manusia' melibatkan 4.490 twitt hingga pukul 23.18 WIB, malam.

Trailer film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan ini, menjadi yang paling banyak mengisi lini masa 'Bumi Manusia'. Padahal, film ini baru akan tayang pada 15 Agustus 2019.

"More than interested with the trailer. Can’t wait for the movie," kata @narpoetic.

Film Bumi Manusia, bercerita tentang kisah hidup Minke (Iqbaal Ramadhan), yang merupakan satu-satunya pribumi yang berhasil masuk ke sekolah HBS di jaman Belanda, karena kepiawaiannya menulis. Tulisan Minke, banyak dimuat di surat kabar Belanda.

Ads
Kisah cinta Minke yang pribumi dengan Annelies Mellema (Mawar Eva) yang orang indo (blasteran), menjadi romansa dari film ini.

"Kasihan perempuan-perempuan Belanda itu, malu mereka atas kecantikan mu," potongan dialog romantis Minke dengan Annelies.

Film ini menampilkan ketegangan patriotik, yakni ketika Nyai Ontosoroh (Ibu Annelies) harus menjadi orang pribumi pertama yang bersidang melawan orang kulit putih lantaran tewasnya ayah Annelies, Tuan Herman Mellema, yang merupakan bangsawan kulit putih.

Status Ontosoroh yang tidak menikah resmi dengan Tuan Mellema, menjadi pembelajaran menarik soal perbudakan era kolonial Belanda.

"Apakah perbudakan Eropa, jauh lebih benar dari ikatan cinta yang jujur?" kutipan monolog film itu.

Pelajaran soal perbudakan masa lalu di era kolonial, menjadi bagian dari edukasi historis dalam 'Bumi Manusia'.

"Di usia kalian, saya membaca (Novel, red) 'Bumi Manusia' sambil sembunyi-sembunyi karena takut ditangkap polisi. Dan hari ini saya bersyukur sekali, kalian merayakan film ini," kata Hanung dengan nada haru saat rilis poster 'Bumi Manusia', Rabu (19/06/2019) lalu.***