RENGAT - Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1438 Hijriah, pengurus Masjid Jami' Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau menggelar tabligh akbar sekaligus mewisuda santri Pondok Tahfidz Jamiul Huffadz yang juga dibawah naungan Masjid Jami'.

Sedikitnya, ada lima orang santri yang diwisuda pada hari ini, Minggu (23/10/2016). Empat diantaranya berasal dari Kabupaten Inhu dan satu orang berasal dari Kabupaten Inhil yang belajar di Pondok Tahfidz Jamiul Huffadz Rengat.

Mereka adalah, Arif Widianto (22) asal Belilas, Kecamatan Seberida, Hendri Novrizal (21) asal Desa Usul, Sulaiman (24) asal Desa Usul, Kecamatan Batang Gangsal, Muhammad Taufiq Hidayat (21) asal Rengat, Kecamatan Rengat dan Mukhtar Rosyidi (22) asal Pulau Kijang, Kabupaten Inhil.

Baca Juga: Dai Cilik Syekh Rasyid Jadi Imam Masjid Nabawi

Demikian diungkapkan, Guru/Mudir Pondok Tahfidz Jamiul Huffadz, Ustad Hilmi Jundora yang juga imam tetap Masjid Jamii melalui Saputra Mansur selaku Ketua Panitia sekaligus Sekretaris Masjid Jamii kepada Goriau.com, Minggu (23/10/2016).

Disebutkan Putra, wisuda kali ini merupakan wisuda angkatan pertama dalam kurun waktu dua tahun, dan Masjid Jami' merupakan satu-satunya masjid di Inhu yang memiliki program pendidikan bagi calon hafiz.

Baca Juga: Bocah Ini Kecil-kecil Sudah Jadi Dai

"Para santri yang diwisuda yaitu, santri yang telah lulus sebagai hafiz Alqura'an atau hafal 30 juz Alquran. Selama para santri menimba ilmu, pihak pondok tidak memungut biaya, melainkan dibiayai melalui infaq jamaah dan para donatur bukan bantuan pemerintah," terangnya.

Dengan demikian sambung Putra, agar program hafiz atau penghafal Alquran ini bisa lebih maju, pihaknya berharap adanya uluran tangan para donatur dan dermawan. Sehingga Kabupaten Inhu tidak lagi minim ulama, imam dan hafiz seperti saat ini.

"Terhadap para donatur atau dermawan serta para jamaah masjid yang selama ini telah banyak membantu, sehingga program ini dapat terlaksanan, sebagai pengurus masjid kami hanya bisa mengucapkan banyak terimakasih, semoga menjadi amal ibadah kita semua dan hanya Allah lah yang dapat membalasnya", pungkas Putra.

Baca Juga: Waw, Anak Kampung Ini Mampu Pukau Bupati Inhu

Pantauan GoRiau.com, selain dihadiri ratusan jamaah masijid, tabligh akbar dan wisuda santri tersebut juga dihadiri pihak Kemenag Inhu dan Ustad Zulkifli M Ali, LC MA dari Sumatera Barat sebagai penceramah.

Tema yang diangkat dalam kegiatan itu adalah, "Melalui tabligh akbar tahun baru Hijriah dan wisuda santri Pondok Tahfidz Jamiul Huffadz Rengat, mari kita wujudkan Kabupaten Inhu sebagai kabupaten hafal Alquran".*** #INHU