KUANSING, GORIAU.COM - Sebagai  bentuk komitmen untuk meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas, Tanoto Foundation bekerja sama dengan PT Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pelita Pustaka bagi guru-guru sekolah dasar yang berada di dalam area operasional RAPP di Kabupaten Kuantan Singingi yang diadakan pada 14-19 September 2015. Training Specialist Tanoto Foundation Sasmoyo Hermawan mengungkapkan Pelatihan Pelita Pustaka Guru tahun ini fokus pada keterampilan menulis seorang guru untuk menarik minat membaca orang lain.

"Kemampuan menulis harus dikembangkan agar generasi mendatang mampu menuliskan hal yang benar dan menulis dengan benar hal hal yang salah di masa lalu. Kemampuan menulis diperlukan untuk menulis ulang sejarah negeri ini. Agar hal ini bisa terwujud, kemampuan menulis harus dibina sejak dini," kata Sasmoyo.

Sasmoyo juga menuturkan, tujuan dari Pelatihan Pelita Pustaka adalah mempelajari dan mengembangkan model-model pengembangan kegiatan pustaka lain yang akan menarik minta membaca siswa yaitu dengan cara mengembangkan keterampilan menulis berdasarkan referensi buku-buku pustaka.

"Pelatihan ini diadakan sebagai tindak lanjut dari program Pelita Pustaka tahap pertama yang pelatihannya telah dilakukan 1 tahun lalu," ungkap Sasmoyo.

Kegiatan Pelatihan Pelita Guru Mandiri ini dilaksanakan di SDN 002 Pasar Usang Baserah dan SDN 006 Banjar Benai Kecamatan Benai dan diikuti oleh 60 peserta dari 10 sekolah dasar dari Kecamatan Benai, Kuantan Tengah, Inuman dan Kuantan Hilir.

Dalam sambutannya Estate Manager RAPP Estate Cerenti, Rudiyanto, sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Tanoto Foundation. Dia berharap setelah Pelatihan Pelita Pustaka ini, sekolah mempunyai daya tarik bagi siswa untuk mengunjungi perpustakaan yang ada lingkungan sekolah.

"Pustaka sebagai tempat belajar membaca, menulis dan berimajinasi yang pada akhirnya akan menentukan cita-cita mereka sehingg perpustakaan harus bisa menarik perhatian siswanya," ujar Rudiyanto.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/22092015/tf2jpg-3049.jpgTraining Specialist Tanoto Foundation, Sasmoyo Hermawan tengah melatih para guru dalam Pelatihan Pelita Pustaka Guru.Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Benai Hermanto, S.Pd pun mengapresiasi langkah yang dilakukan PT. RAPP dan Tanoto Foundation yang terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

"Pengembangan kualitas ini harus dilakukan baik melalui pengembangan sarana prasana maupun pengembangan kemampuan dan ketrampilan guru," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Tanoto Foundation yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah B. Tanoto pada tahun 2001 memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan dalam Pengentasan Kemiskinan melalui Pendidikan, Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas Hidup.

Di bidang pendidikan, Tanoto Foundation memberikan beasiswa bagi S1 dan S2, menjalankan program Peningkatan Kualitas Pendidikan (PELITA Pendidikan) di Sumatera Utara, Riau dan Jambi bekerja sama dengan APRIL dan Asian Agri.Tanoto Foundation merupakan wadah aspirasi Sukanto Tanoto dan Tinah B Tanoto yang berdedikasi penuh untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia. ''Apapun yang kita kerjakan harus berguna bagi masyarakat dan Negara. Hanya dengan demikian semua itu akan baik untuk perusahaan,'' Sukanto Tanoto. ***