BAGANSIAPIAPI – Tampil sebagai pembicara pada seminar internasional yang digelar oleh Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (Adipsi), Sabtu (17/9/2022), Bupati Rokan Hilir, Riau, Afrizal Sintong beberkan kondisi terkini kabupaten yang berbatasan dengan Sumatera Utara itu serta perkembangan yang sudah terjadi.

Dikatakan, dalam menjalankan roda pemerintahan, Bupati Rohil menyampaikan peran teknologi dan media serta tantangan pelayanan publik di era teknologi usai pandemi covid-19 ini.

GoRiau

Diera keterbukaan informasi publik, lanjut Afrizal, semuanya informasi tersebut dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui internet yang dikelola oleh Diskominfotiks pada situs rohilkab.go.id dimana masing-masing dinasb mempunyai situs sendiri yang terkoneksi dengan induk tersebut.

Disamping itu, bupati juga memaparkan potensi yang dimiliki Rohil mulai dari sektor perkebunan, perikanan, peternakan, pariwisata dan sektor Migas yang menjadi sumber pendapatan masyarakat Rohil selama ini.

GoRiau

"Semuanya kita permudah, cukup melalui internet masyarakat yang jauh tidak perlu ke kota untuk mengurus perizinan, layanan kesehatan dan bisa melakukan pengaduan. Jadi semuanya bisa kita pantau tiap saat sejauh mana kinerja masing-masing dinas," paparnya.

Pada zoom kesempatan itu, juga dilakukan interaksi tanya jawab. Para dosen yang hadir tampak semangat melakukan tanya jawab kepada Bupati dalam menjalankan roda pemerintahan nya saat ini.

Dan saat ini sudah banyak prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil).

Pada kesempatan itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengucapkan terimakasih kepada Adipsi yang menunjuknya sebagai salah satu narasumber dan mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus Adipsi. Diharapkan dengan adanya Adipsi, bisa bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

Seminar nasional yang digelar Adipsi (Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia) dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan dihadiri ribuan dosen dari Indonesia dan berbagai negara lainnya. Pada kesempatan itu Bupati Rohil menyampaikan materinya dengan tema The Challenges Of Public Services In the Era Digital Transformation.

Sementara itu narasumber lainnya adalah Prof. Vandana Pednekar-Magal (Grand Valley State University) Governance, Communication Development and Qualified Public Service Demand dan Prof. Dyah Mutiarin, S.IP., M.Si (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) Indonesian Digital Transformation : Between Technology, Government and Public Services.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan pengurus Adipsi periode 2022-025. Penasehat Adipsi Teguh Yuwono mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rohil atas ketersediaannya sebagai pemateri.

Teguh mengatakan Bupati Rohil yang merupakan lulusan S1 ilmu pemerintahan dinilai memiliki pengalaman yang cukup mulai dari kepala desa, anggota DPRD hingga menjadi bupati. Bahkan saat ini bupati juga sedang melaksanakan pendidikan S2 ilmu pemerintahan.

"Banyak informasi menarik yang disampaikan oleh Bupati, tentunya ini menjadi masukan bagi kita semua bagaimana kedepannya kita para dosen dapat meningkatkan pemahaman kepada mahasiswa dan masyarakat tentang sistem pengelolaan pemerintahan yang baik," paparnya. ***