JAKARTA - Pada Ahad (29/3/2020) siang, terkonfirmasi penambahan pasien positif terinfeksi virus corona di Tanah Air sebanyak 130 orang. Sehingga total pasien positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini menjadi 1.285 orang.

''Ada penambahan kasus baru positif sebanyak 130 orang, sehingga jumlah sekarang menjadi 1.285 (kasus),'' kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto, di kantor BNPB, Ahad siang, seperti dikutip dari Kompas.com.

Yurianto mengungkapkan, pemerintah sudah memeriksa lebih 6.500 spesimen. Dari jumlah itu, pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah lima orang, sehingga total yang sudah dinyatakan negatif Covid-19 sebanyak 64 orang.

Sementara sebanyak 114 pasien meninggal dunia. Jumlah itu bertambah 12 pasien dari sehari sebelumnya atau Sabtu (28/3/2020).

''Mari kita sadari betul bahwa penambahan kasus positif ini, seali lagi menggambarkan bahwa masih ada kasus positif yang belum melaksanakan isolasi,'' kata Yuri.

Yurianto mengatakan, masih ada penularan dari kontak dekat dan juga masih ada masyarakat yang belum rajin mencuci tangan.

Yuri kembali mengimbau agar masyarakat tetap tinggal di rumah dan disiplin dalam menjalankan physical distancing.

''Upayakan tetap tinggal di rumah, jika terpaksa harus keluar rumah harus jaga jarak,'' tutur dia.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes ini juga meminta masyarakat untuk menjadi pahlawan dengan melindungi diri dan melindungi orang lain mengacu pada ketentuan yang sudah disampaikan pemerintah.***