TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Jika tahun-tahun sebelumnya haul Syekh Abdul Qadir Jailani hanya dilaksanakan oleh masyarakat saja, namun tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) akan memfasilitasi kegiatan yang direncanakan akan di laksanakan di Lapangan Gajah Mada Tembilahan.

''Di rencanakan tanggal 14 Feberuari 2015 nanti akan dilaksanakn haul akbar ulama besar Syekh Abdul Qadir Jailani. Haul tersebut memang acara kemasyarakatan, tetapi untuk tahun ini Insya Allah akan difasilitasi dan didukung oleh Pemkab Inhil,'' tutur Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setdakab Inhil, M Arifin kepada GoRiau.com, Selasa (20/1/2015).

Dikatakan Arifin pula, Pemkab Inhil akan memberikan dukungan baik dukungan moril maupun matril. Secara moril dikatakannya, seperti instruksi Bupati Inhil, HM Wardan menghimbau kepada jajarannya terutama kepala SKPD untuk berpartisiasi mendukung acara haul tersebut.

''Karena sungguh diyakini acara ini akan membawa keberkahan dan kebaikan untuk kampung kita tercinta ini. Karena, nanti akan berkumpul para alim ulama yang berzikir dan berdoa bersama untuk kebaikan dan keselamatan kita semua,'' ujarnya.

Dijelaskan Arifin, rangkaian acara akan dimulai pada tanggal 13 malam. Dimana selama satu malam suntuk akan diisi dengan acara membaca kitab suci Al-Quran, wiritan dan tahlilalan bersama jemaah triqad nagsabandiah yang akan dilaksanakan di Majlis Talim Miftahussa'adah di Jalan Sederhana Tembilahan Hulu.

''Baru pada tanggal 14 pagi dilaksanakan acara haul mulai pukul 07.00 WIB. Dimulai dengan pembacan tadarus Al-Quran, wirit dan maulid habsyi. Dilanjutkan dengan tabligh akbar dengan menghadirkan penceramah Kiyai Haji Said Agil Siraj yang merupakan Ketua Umum Nahdatul Ulama Pusat,'' tutup M Arifin.(ayu)