TELUKKUANTAN - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kuantan Singingi (Kuansing), Riau terus berjuang menyembuhkan HBA yang masih berusia 10 tahun dari Covid-19.

HBA sudah menjalani perawatan sejak dua minggu terakhir di Pinere RSUD Telukkuantan. Ia dinyatakan positif Covid-19 pada 21 Juli 2020 dengan diagnosa OTG (Orang Tanpa Gejala).

Jubir Penanganan Covid-19 Kuansing, dr. Amelia Nasrin menyatakan hasil swab ke-4 pasien HBA masih positif. Hasil swab tersebut keluar pada 30 Juli 2020.

"Hasil swab ke-4 masih positif," ujar Amelia. Karena itu, HBA terus menjalani perawatan di RSUD Telukkuantan. HBA diperbolehkan pulang ketika dua hasil swab dinyatakan negatif.

"Sesuai protokol, pasien dinyatakan sembuh dan boleh pulang jika hasil swab negatif dua kali berturut-turut," ujar Amelia.

Pasien HBA merupakan warga Pucukrantau. Ia terinfeksi Covid-19 setelah kontak dengan guru ngajinya, warga Dharmasraya.

Setelah HBA dinyatakan positif Covid-19, sebanyak 57 orang warga Perhentiansungkai menjalani tes swab. Mereka merupakan hasil tracing dari pasien HBA.

"Hasil swab untuk 57 orang tersebut sudah keluar, alhamdulillah semuanya negatif," ujar Amelia.

Selain merawat HBA, RSUD Telukkuantan juga merawat satu pasien suspek Covid-19. Yakni Tn. J (60), warga Gunungtoar yang masuk Pinere pada 3 Agustus 2020 dengan keluhan batuk berdarah dan sesak napas sejak seminggu lalu.

"Pasien ini tidak melakukan perjalanan dan tidak kontak dengan positif Covid-19. Dia juga telah menjalani tes swab dan kita masih menunggu hasilnya," tutup Amelia.***