SIAK - Masyarakat Siak, Riau harus mulai membudayakan pentingnya menerapkan Protokol Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Dari data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak tercatat sudah 5 orang meninggal dunia saat menjalani perawatan sebagai pasien positif Covid-19.

Bupati Siak, Alfedri menyebutkan, 5 orang warga Siak yang meninggal dan terkonfirmasi positif Covid-19 ini ada di Kecamatan Mempura dan Tualang. Yang membuat Pemkab Siak berduka, pasien positif Covid-19 yang pertama meninggal merupakan ASN di lingkup Dinas Pendidikan Kebudayaan Siak.

"Yang bersangkutan sempat dirawat di RSUD Tengku Rafian Siak, dan dalam beberapa hari mendadak meninggal setelah sebelumnya mengeluhkan pusing dan sesak nafas, Senin (27/7/2020). Tn A (50) ini merupakan klaster Mempura," kata Alfedri kepada GoRiau.com, Sabtu (29/8/2020).

Setelah itu Ny. E usia 53 tahun warga Kecamatan Tualang. Ia meninggal pada 6 Agustus 2020 dan sempat juga mendapatkan perawatan medis. Selanjutnya Tn. A masih warga Kecamatan Mempura, Ny R usia 52 tahun dan Tn. R warga Kecamatan Tualang.

''Makanya dalam setiap kegiatan ke masyarakat, selalu kami tegaskan kepada warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Jaga jarak, gunakan masker, dan selalu cuci tangan," kata Alfedri.

Total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Siak per 28 Agustus 2020 sebanyak 308 orang. 108 diantaranya dirawat, 195 sudah sehat dan dipulangkan dan 5 orang meninggal dunia. (advertorial)