PEKANBARU - Keluarga besar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika 1-5 Pekanbaru, Riau, menggalang dana untuk membantu para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pengumpulan donasi ini dilakukan sekolah yang terletak di Jalan Dr Sutomo Nomor 65, Pekanbaru itu, selama tiga hari, yakni Senin hingga Rabu(27-29/8/2018). Dari penggalangan tersebut berhasil dikumpulkan Rp3.000.000.

Donasi dari para siswa dan guru SMP Kartika 1-5 Pekanbaru itu diserahkan Kepala SMP Kartika 1-5 Nurmaida, MPd, kepada  Armi Oktavia selaku Partnership & Strategy Staff di Lembaga Sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT), Riau, Rabu (29/8/2018). Selanjutnya, ACT yang akan menyalukannya ke para korban gempa di Lombok.

Armi Oktavia mengaku sangat terharu dan berterima kasih atas kepedulian keluarga besar SMP Kartika 1-5 Pekanbaru terhadap warga Lombok.

''Terima kasih kepada keluarga besar SMP Kartika yang peduli membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Lombok yang mengalami musibah, diguncang gempa bumi beberapa waktu yang lalu. Semoga Allah SWT membalasnya lebih banyak dan lebih baik. Amin,'' ujarnya, usai menerima dana bantuan untuk korban gempa tersebut dari Nurmaida.

Pendidikan Karakter

Kepala SMP Kartika 1-5 Pekanbaru Nurmaida, MPd, mengatakan, pengumpulan dana kemanusiaan tersebut merupakan bentuk kepeduliaan keluarga besar SMP Kartika 1-5 Pekanbaru kepada masyarakat Lombok yang sangat menderita akibat gempa bumi yang sampai saat ini masih terus terjadi.

''Walaupun kita tidak pernah bertemu dan tidak saling mengenal, namun masyarakat Lombok adalah saudara kita. Maka kita berkewajiban membantu meringankan beban mereka. Apa lagi korbannya tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga bayi yang baru lahir,'' kata Nurmaida.

''Semoga Allah akan melipatgandakan pahala sedekah kita. Karena itu, kita imbau para siswa dan guru  agar menanamkan karakter senang berbagi dengan sesama sebagai bentuk implementasi dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah kita,'' sambung Nurmaida.

Nurmaida menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu program OSIS yang mendukung program pemerintah, yaitu memberikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) kepada peserta didik di SMP Kartika 1-5 yang  bertujuan menumbuhkan sikap berbagi dan peduli terhadap sesama dalam jiwa para siswa SMP Kartika 1-5 Pekanbaru.rls