MEDAN - PT XL Axiata Tbk  (XL Axiata) melalui program Sisternet bekerjasama dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia menggelar Kelas Literasi Digital Sisternet membahas “Kreatif dengan Gadget?”.

Acara yang dikemas dalam bentuk format talkshow edukatif ini, menghadirkan pembicara Founder Rumah Uis, Averiana Barus, Founder Belantara Budaya Indonesia, Diah Kusumawardani W yang memiliki pengalaman berinteraksi bersama perempuan Indonesia. Kegiatan ini dilaksakan di Plaza Medan Fair, Jalan Gatot Subroto, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (13/7/2019).

Group Head XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, “Sebagai perusahaan penyedia layanan internet dan data dengan puluhan juta pelanggan di seluruh Indonesia, XL Axiata tak mau asal berjualan layanan data saja. Kami akan lebih senang jika para pelanggan dan masyarakat secara umum bisa memanfaatkan layanan kami secara positif, lebih-lebih jika bisa mendorong produktifitas. Karena itu, melalui program Sisternet, kami tidak bosan-bosannya untuk berkeliling ke berbagai kota dan berbagai provinsi menyelenggarakan edukasi pemanfaatan sarana akses internet dan data seperti ini, terutama kepada kalangan perempuan.”

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan tarian pembuka sebagai awal dimulai acara yang telah ditunggu para peserta yang telah hadir memadati lokasi acara. Perwakilan Sisternet, Astri Mertiana dalam sambutannya mengatakan Sisternet memberikan informasi dan inspirasi beragam manfaat yang ditujukan untuk perempuan Indonesia dalam menggunakan internet guna meningkatkan kualitas hidup sehari-harinya.

Dalam talkshow, pembicara memaparkan antara lain mengenai cara menggunakan teknologi digital dan media sosial jaman now, sehingga perempuan Indonesia tidak ketinggalan informasi dan teknologi dalam mengoptimalkan penggunaan internet termasuk mobile internet untuk mendukung kehidupan sehari-harinya dalam menghadapi kemajuan teknologi saat ini. Kreatif dengan gadget saat ini sangat diperlukan sehingga melalui gadget akan berdampak positif pada para perempuan Indonesia untuk menambah ilmu pengetahuan, mempermudah komunikasi dan memperluas jaringan pertemanan.

Beberapa games seru berhadiah merchandise exclusive Sisternet serta special performance tari dan musik menambah semaraknya acara di Plaza Medan Fair yang selalu ramai dikunjungi para pengunjung .

Pada acara ini, XL Axiata dan Sisternet juga penyediaan konten video yang berisi beragam modul pintar dalam bentuk video dan artikel khususnya yang terkait edukasi kepada para orangtua mengenai pendampingan pemanfaatan gadget bagi para anak. Seluruh informasi tersebut dapat diakses elalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar.

Hadir dalam kegiatan ini, lebih dari 100 orang yang sangat antusias mengikuti acara demi acara. Pertanyaan demi pertanyaan disampaikan peserta untuk menjawab rasa penasaran talkshow yang sangat interaktif ini.

Menurut data Kominfo, Indonesia saat ini menduduki peringkat ke enam penggunaan gadget terbesar di dunia. Informasi terkini teknologi, gadget dan eletronik terus berinovasi sehingga informasi teknologi terbaru dan kebutuhan gadget disuguhkan sesuai dengan update kebutuhan saat ini. Sehingga dibutuhkan kreatif dengan gadget agar manfaat yang diperoleh dari gadget yang dimiliki bisa memberikan manfaat yang positif.

Yayasan Belantara Budaya Indonesia sendiri merupakan Yayasan yang memiliki 12 Sekolah Tari Tradisional Gratis di Indonesia, salah satunya di Medan, Sumatera Utara. Hal inilah yang melatarbelakangi terciptanya Kolaborasi Kelas Literasi Digital Sisternet dengan pentingnya literasi digital, sehingga perempuan Indonesia bisa menghadapi tantangan dalam penggunaan teknologi digital dan media sosial saat ini.

Sisternet telah hadir sejak 2015, kehadiran Sisternet memberikan warna bagi pemberdayaan perempuan Indonesia. Mulai dari permasalah sosial pemanfaatan teknologi, termasuk dalam memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Kemajuan era digital tidak bisa dibendung, butuh pemahaman dan kreativitas dengan gadget sehingga memberi manfaat positif bagi masyarakat. Sebagai perusahaan penyedia layanan internet terkemuka, XL Axiata sangat perduli dan bertekad untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat luas tentang bagaimana memanfaatkan internet secara positif. (rls)