PELALAWAN, GORIAU.COM - Tim Community Development - Corporate Social Responsibility (CD-CSR) Sinar Mas Group (SMG) dan PT Arara Abadi (PT.AA), PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) serta Eka Hospital Pekanbaru yang bergabung dengan Tim Kesehatan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) dan Kabut Asap Riau, melakukan Bakti Sosial (Baksos) Pengobatan Gratis untuk masyarakat Kelurahan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan dan sekitarnya selama 1 minggu, yang dilaksanakan dari tanggal 20 sampai 27 Maret 2014.


Menurut Public Relations Manager PT AA-SMF , Ir. Nurul Huda, MH yang turun ke lapangan melihat langsung kegiatan pengobatan selama 3 hari ini kepada media menyampaikan, ''Kegiatan Baksos Pengobatan Gratis ini merupakan salah satu bentuk program kepedulian perusahaan yang berada dalam managemen SMG untuk penanganan Bencana Karhutla dan Kabut Asap yang terjadi di Riau beberapa bulan terakhir ini,


Pengobatan gratis ini dilaksanakan pada empat tempat yang berada di 3 kabupaten yakni di Perawang, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, di Desa Sungai Limau Kecamatan Pusako Kabupaten Siak, di Desa Api-Api Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis serta Kelurahan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan.


Sementara untuk Penanggulangan Karhutla dan Kabut Asap Provinsi Riau, perusahaan-perusahan dalam managemen SMF maupun mitra SMF sudah hampir 2 bulan ini dengan kekuatan penuh menurunkan 2 Heli Water Bombing, 3 Airboat (yang bisa beroprasi didarat, rawa dan air), 16 Unit Fire Truk dan Hampir 275 Unit Pompa berbagai Jenis, serta Ground crew Regu Pemadam Kebakaran (RPK) bersama Karyawan PT AA dan IKPP ditambah Masyarakat Peduli Api (MPA) yang telah dibina perusahaan dengan total kekuatan lebih 2000 Orang yang dibawah kendali Fire Protection SMF dan Koordinasi Satgas karhutla dan Kabut Asap Riau disamping itu juga menyerah bantuan 30 unit pompa kepada BPBD melalui BNPB/Satgas Karhutla Provinsi Riau. ''Alhamdulillah saat ini kabut asap sudah mulai berkurang di Riau,'' ujar Nurul Huda.


Dalam Kegiatan Baksos Pengobatan Gratis ini, menurut salah satu Tim Dokter yang tergabung dengan tim kesehatan Sinarmas dan Satgas Karhutla Kabut Asap Riau yang juga sehari-hari bertugas di Eka Hospital Pekanbaru, dr.Handy Rifaldi menerangkan, ''Kegiatan ini sangat tepat dilakukan oleh Satgas maupun Sinarmas untuk antisipasi penyakit yang disebabkan oleh kabut asap. Kebanyakan pasien yang berobat perhari rata-rata 75 sampai dengan 100 pasien setiap hari, rata-rata pasien yang datang berobat 20 persen adalah anak-anak dan 80 persen pasien dewasa/orangtua, kebanyakan pasien perempuan, dengan keluhan batuk, pilek, ISPA, tetapi untuk saat ini belum ada pasien gawat yang harus dirujuk, dan ada juga pasien dewasa yang telah lanjut usia dengan keluhan artralgia (nyeri sendi) yang bisa disebabkan oleh artritis (radang sendi), osteoarthritis (pengapuran), gout artritis (pengapuran karena asam urat) atau bisa karena rheumatoid artritis. Semua tetap kita layani secara baik dan profesional.” Demikian Handy menyampaikan.


Sementara itu menurut tokoh masyarakat yang juga Lurah Teluk Meranti. H. Hasan menyampaikan, ''Kami sangat berterimaksih sekali kepada perusahaan PT Arara Abadi dan Sinarmas Forestry yang telah cepat tanggap atas penanganan baik dalam ikut serta memadamkan api kebakaran hutan dan lahan di Teluk Meranti maupun dalam melaksanakan pengobatan gratis kepada masyarakat Teluk Meranti, masyarakat sangat terbantu sekali dengan kegiatan pengobatan ini''.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kasie Kesos Kecamatan Teluk Meranti Agus Sutanto, Staff CD-CSR.PT.AA, Dheni Syahyana, Humas PT Arara Abadi Distrik Pulau Muda, Marhalim. (rls)