PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau menyiapkan layanan hantar ambulance kecelakaan PSC (Public Safety Center) 119. Layanan ini nantinya akan beroperasi selama 24 jam untuk membantu evakuasi masyarakat yang tengah mengalami kecelakaan lalu lintas di Pekanbaru dan sekitarnya.

Kepala Diskes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, bahwa PSC 119 ini akan di-launching saat Rakerkesda mendatang. Sehingga sebagai persiapannya, Diskes pun melakukan simulasi operasional PSC 119 ini terlebih dahulu bersama beberapa instansi terkait. Diantaranya, Jasa Raharja, Polresta Pekanbaru, Rumah Sakit Petala Bumi dan Dinas Perhubungan.

"Kami sedang melakukan simulasi untuk mengecek kesiapan PSC 119 ini, supaya ketika launching nanti bisa langsung beroperasi dengan baik. Sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat dan baik," ungkap Mimi kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (17/1/2018).

Untuk tenaga medisnya, Mimi menguraikan, pihaknya telah menyiap sebanyak 18 orang yang terdiri dari dokter, perawat, sopir dan petugas administrasi. Nantinya, mereka akan dibagi menjadi tiga shift sehari.

"Karena ini 24 jam, jadi dibagi tiga shift. Berarti satubshift terdiri dari enam orang," paparnya.

Kabar bahagianya lagi, ucap Mimi, masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakan layanan PSC 119 ini, karena ditangani oleh sumber daya manusia yang mumpuni dan tidak akan dipungut biaya alias gratis.

"Layanan hantar ambulance ini gratis karena operasionalnya dibiayai oleh APBD Riau. Sedangkan ambulance yang kami pakai merupakan bantuan dari Pertamina. Masyarakt tidak perlu membayar, jadi masyarakat silakan telepon 119," tandasnya. ***