PEKANBARU - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Riau, Asri Auzar mengungkapkan pihaknya saat ini tengah melakukan persiapan penggantian Agung Nugroho sebagai Ketua Fraksi Demokrat DPRD Riau.

Agung sendiri saat ini sudah menjadi Wakil Ketua DPRD Riau menggantikan Asri Auzar yang mengundurkan diri karena maju di Pilkada Rokan Hilir 2020 lalu.

"Satu minggu jni akan kita proses, karena sekarang masih dipegang Agung, sementara dia sudah jadi Wakil Ketua. Supaya dia fokus memimpin parlemen, tentu jabatan Ketua Fraksi kita beritakan ke anggota yang lain," kata Asri kepada GoRiau.com, Jumat (2/4/2021).

Ditanya siapa yang akan menjadi Ketua Fraksi selanjutnya, Asri mengatakan saat ini pihaknya tidak bisa membuka ke publik karena prosesnya ada di internal. Yang jelas, semua Anggota DPRD Riau Fraksi Demokrat berpeluang menjadi Ketua Fraksi.

"Penilaiannya itu kader yang sudah senior dan punya jabatan strategis di partai, itu yang diutamakan dan pemua partai juga begitu. Dari anggota yang ada sekarang, semua berkemungkinan. Kita mengusulkan tiga nama, nanti DPP yang menunjuk siapa Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Fraksi," terangnya.

Diakui Asri, proses penggantian ini agak terlambat karena pihaknya maupun DPP masih disibukkan dengan persoalan adanya upaya kudeta terhadap kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Tapi Menkumham sudah menolak (upaya kudeta), jadi kita akan mulai proses penggantian ini," tutupnya.

Adapun saat ini, Partai Demokrat memiliki 9 orang kadernya di DPRD Riau. Mereka adalah Agung Nugroho (Pekanbaru), Syahroni Tua (Pekanbaru), Manahara Napitupulu (Inhu-Kuansing), Tumpal Hutabarat (Siak-Pelalawan), Eva Yuliana (Kampar), Kelmi Amri (Rokan Hulu), Zulkifli Indra (Rokan Hilir), Eddy Moh Yatim (Dumai, Kep Meranti dan Bengkalis), dan Agus Triansyah (Indragiri Hilir). ***